banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768

256,5 Kilogram Daging Sapi Disalurkan untuk Warga Pulau Derawan

DERAWAN, Harian Utama – Suasana Hari Raya Idul Adha 1445 H di Pulau Derawan berjalan dengan khidmat. Masyarakat melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak enam ekor sapi dan empat ekor kambing.

Ketua panitia kurban, H Ismail menjelaskan  agenda tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Daging kurban nantinya akan dibagikan kepada warga sekitar  yang berhak menerima. 

“Kami menerima tiga ekor sapi dari H Saga, Fitrialnoor dan Madri Pani. InsyaAllah, sebentar lagi akan kami bagikan ke tiap-tiap rumah dengan jumlah yang sama,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan saat ini panitia mencatat total daging sapi yang tersedia mencapai 256,5 kilogram. 

“Itu belum termasuk daging kambing yang masih dalam proses pemotongan,” jelasnya.

Dikatakannya, panitia juga telah berkoordinasi dengan sebuah yayasan yang berlokasi di Derawan untuk memastikan pembagian merata dan tepat sasaran. 

“Kami sudah sampaikan ke pihak Yayasan Hidayatullah bahwa mereka akan membagikan daging kurban untuk anak yatim dan para janda, kurang lebih ada 80 orang. Jika ada sisa daging di yayasan, akan kami tambahkan untuk dibagikan kepada warga,” terangnya.

Lebih lanjut, jumlah penerima daging kurban di Pulau Derawan mencakup 81 rumah di RT 01, 60 rumah di RT 02, 76 rumah di RT 04, dan 88 rumah di RT 03. Ia berharap tahun depan jumlah hewan kurban yang diterima dapat meningkat. 

“Harapan kami, semoga tahun depan lebih banyak lagi hewan kurban yang diterima dibandingkan tahun ini,” harapnya.

Senada dengan itu, Nor'at, Kepala Yayasan Hidayatullah menjelaskan pihaknya telah menyiapkan sekitar 400 kantong daging untuk didistribusikan. 

Dari 400 kantong tersebut, sebagian besar telah diambil oleh masjid untuk dibagikan, sementara 100 kantong menjadi tanggungjawab panitia bersama tim pemotong dari Yayasan Hidayatullah.

“Untuk kelompok, setiap orang mendapat tiga kantong daging, sedangkan per individu diamanahkan 20 kantong daging,” tambahnya.

Yayasan Hidayatullah yang berperan dalam proses pemotongan daging juga akan menerima bagian dari kurban ini. 

“Jumlah anak TPA dari Pesantren Hidayatullah ada 22 orang, sementara untuk tahun ajaran baru, ada sekitar 17 anak yang baru mendaftar. Kami berharap daging kurban ini segera tersalurkan dan terbagi rata,” ujarnya. 

Nor'at berharap agar kegiatan kurban ini membawa berkah bagi semua pihak yang terlibat. 

“Pesantren mendapat berkahnya dan nantinya akan dikembalikan ke masyarakat, baik banyak maupun sedikit,” tandasnya.

Reporter : Mia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *