banner 1024x768

Bupati Berau Tegaskan Pemerintah Daerah Fokus Maksimalkan Potensi Kecamatan Pulau Derawan

TANJUNG BATU, Harian Utama – Bupati , Sri Juniarsih Mas didampingi Wakil , Gamalis menghadiri Musrenbang tingkat kecamatan di Kecamatan Pulau Derawan di Pendopo Kecamatan Pulau Derawan, pada Sabtu (24/02/2024).

Pada sambutannya, ia mengatakan potensi Kecamatan Pulau Derawan sangat luar biasa, tentu harus berkomitmen dan dikelola dengan sebaik-baiknya. 

“Untuk itu, kami selaku pemerintah daerah terus mendorong peningkatan kemajuan Kecamatan Pulau Derawan dan 5 kampung yang ada melalui berbagai program”, ucapnya.

Ia juga menjelaskan terkait program-program di bidang ekonomi dan sosial budaya mencakup pengadaan mesin tempel, peralatan perikanan untuk meningkatkan produktivitas di Kampung Tanjung Batu, berbagai program percepatan pembangunan kampung, iuran BPJS gratis, balai latihan kerja, WiFi gratis, BLT, dan beasiswa mendukung kesejahteraan masyarakat.

“Semua program ini mencerminkan komitmen pemerintah daerah untuk menciptakan lingkungan yang berdaya dan sejahtera bagi masyarakat Kampung Tanjung Batu. Dengan berbagai inisiatif ini, diharapkan potensi lokal dapat dioptimalkan, menciptakan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari warga, serta mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut”, jelasnya.

Disisi lain, Sri Juniasrih juga mengatakan bahwa Pulau Derawan merupakan destinasi wisata unggulan dan mendapatkan perhatian khusus. Rencana pembangunan Dermaga Tanjung Batu sebagai Pintu Gerbang KSPN dan penataan lanskap, taman, serta plaza menjadi prioritas untuk meningkatkan daya tarik pariwisata di tahun 2024.

“Maka dari itu, potensi pariwisata Pulau Derawan harus kita optimalkan dan kita garap dengan lebih serius. Hal ini penting, seiring dengan penetapan ibukota negara Nusantara, di mana Pulau Derawan sudah dikenal luas, bahkan hingga mancanegara”, katanya.

Lebih lanjut, ia juga mendorong seluruh perangkat terkait untuk memberikan pembinaan dan pendampingan ekonomi kreatif yang dapat mensejahterakan masyarakat Kecamatan Pulau Derawan dan terus lakukan promosi yang masif dan tingkatkan angka kunjungan wisatawan, sehingga seluruh aspek dalam ekosistem pariwisata dapat terus bergerak, mulai dari penginapan, kuliner, agen wisata, transportasi, hingga kerajinan tangan. 

“Saya sangat berharap, para perangkat kampung, OPD, swasta, bersama seluruh masyarakat kampung dapat bahu- membahu mewujudkan kampung mandiri berprestasi, dan sejahtera”, harapnya. 

Diakhir sambutannya, tak lupa Ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada Camat Pulau Derawan dan para Kepala Kampung se-Kecamatan Pulau Derawan, atas seluruh upaya dan kerja keras yang selama ini telah dilakukan dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan pembinaaan kemasyarakatan.

(Mia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *