banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768

Bupati Buka Festival Kampung Pulau Besing

GUNUNG TABUR, HARIAN UTAMA, BUPATI kabupaten , Sri Juniarsih Mas didampingi Wakil , Gamalis dan Camat Gunung Tabur, Mardiatul Idalisah membuka Festival , di Pulau Besing Kecamatan Gunung Tabur, Sabtu (24/12) sore.

Festival Pulau Besing ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya, dalam rangka untuk meningkatkan Pendapatan Asli Kampung (PAK), serta meningkatkan ekonomi warga setempat, dan warga Berau pada umumnya.

Potensi yang dimiliki oleh Kampung Pulau Besing, yaitu 1400 Kaluang atau Kalong. Selain itu potensi yang ditawarkan adalah wisata susur sungai, yang menawarkan keindahan dan keasrian sungai seputaran Pulau Besing lainnya.

Menandai launching objek wisata, dilakukan penandatanganan prasasti festival serta melihat secara langsung penutungan paes udang sebanyak 1000 bungkus. Sri Juniarsih didampingi Gamalis dan pejabat lainnya yang turut hadir dalam acara tersebut, juga mencoba menikmati keindahan alam Pulau Besing melalui susur sungai dengan perahu.

Dalam rangka festival juga telah dilaksanakan lomba memancing udang, yang diikuti oleh 70 peserta dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Berau. Selain itu juga akan dilaksanakan Manutung Pais Udang, yakni sebanyak 1000 bungkus.

Pada kegiatan tersebut juga diserahkan sebanyak 44 titik wifi gratis, bagi kecamatan Gunung Tabur.

Menurut Bupati Kabupaten Berau, Sri Juniarsih Mas sebagai salah satu kampung penghasil udang galah di Kabupaten Berau, kampung Pulau Besing dapat terus dilestarikan kekayaan alamnya. sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Dengan sumber daya alam yang masih asli, terutama hutan bakau yang menjadi habitat udang galah, Sri Juniarsih berpesan hendaknya terus dijaga kelestariannya.

“Terlebih-lebih potensi yang juga ikut menghuni Pulau Besing, dan keberadaan 1400 ekor Kalong berukuran besar ikut menghuni Pulau Besing, hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri,” ungkap Sri Juniarsih.Oleh sebab itu Sri Juniarsih meminta agar seluruh kampung juga digali potensi wisatanya, sehingga dapat menjadi sumber pendapatan bagi warganya dan peningkatan PAK. (Pemkab Berau/Rizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *