banner 1024x768 banner 1024x768

Bupati Sri Juniarsih Mas Terima Anugerah UHC Award 2023, Berkat Komitmen Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional

JAKARTA,HARIAN UTAMA- , Mas, menerima penghargaan anugerah Universal Health Coverage (UHC) Award Tahun 2023. Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dalam acara penyerahan penghargaan UHC Award yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin serta Menko PMK RI, Muhajir Effendy dan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3/2023).
Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi kepada pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota yang telah berkomitmen dalam mendukung dalam menjalankan program jaminan kesehatan nasional dengan implementasi masyarakat kepesertaan BPJS Kesehatan. Penghargaan ini diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten kota se Indonesia.
Wapres, KH. Ma'ruf Amin, mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah yang telah meraih penghargaan dan apresiasi atas komitmen Pemerintah daerah khususnya dalam menjalankan intruksi Presiden Nomor 1 tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional. 
Dalam arahannya Wapres mendorong pemerintah daerah untuk terus mengambil peran pendaftaran masyarakat rentan ke BPJS Kesehatan. Memastikan seluruh pemberi kerja di daerah untuk mendaftarkan pekerja dan anggota keluarga ke BPJS Kesehatan. Mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan melalui penyediaan fasilitas, termasuk sdm kesehatan, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang bermutu.
“Optimalkan sinergi antara BPJS kesehatan dengan kementerian lembaga, bersama pemerintah daerah untuk memastikan seluruh penduduk dilindungi dalam program JKN (jaminan kesehatan nasional),” ungkapnya.
Bupati Sri Juniarsih Mas, mengungkapkan rasa syukur atas kembali diraihnya penghargaan untuk Kabupaten . Anugerah ini dikatakannya merupakan hasil kerja bersama seluruh stakeholder dalam membangun sinergitas membangun daerah. Bupati menyerahkan terima kasih kepada OPD terkait dan mitra pemerintah daerah, khususnya BPJS kesehatan yang terus bersama sama mengoptimalkan kepesertaan JKN bagi masyarakat Bumi Batiwakkal.
“Penghargaan ini adalah bukti komitmen pemerintah daerah bersama mitra kerja dan masyarakat dalam menciptakan layanan kesehatan seluas luasnya untuk masyarakat Kabupaten Berau,” ungkapnya.
Program Jaminan Kesehatan Nasional menjadi komitmen Bupati Sri Juniarsih dan Wakil Bupati Gamalis dalam 18 program prioritas yang telah ditetapkan. Diantaranya dengan program penerima bantuan iuran (PBI) bagi masyarakat miskin maupun rentan miskin, khususnya pada segmen PBPU dan BP (Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja) untuk terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.
“Ini menjadi komitmen kami untuk memastikan masyarakat Berau mendapat pelayanan kesehatan melalui JKN,” tandasnya. (RN/Prokopim/Rizal).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *