banner 1024x768 banner 1024x768

Camat Damsik Optimis Samboja Bisa Konsisten sebagai Pemasok Hasil Laut Terbesar di Kukar

Kutai Kartanegara, Harian Utama – Beberapa tahun belakangan Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya mengembangkan potensi sektor perikanan dan kelautan. Sekarang upaya tersebut di klaim berhasil, sekaligus menjadikan Samboja sebagai salah satu penyumbang hasil perikanan air laut terbesar di Kukar.

Pencapaian tersebut tidak terlepas dari lokasi kecamatan yang strategis, karena berada di wilayah pesisir pantai. Di antaranya, Kelurahan Kuala Samboja hingga Muara Sembilang. Oleh sebab itu, sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan.

“Mulai dari Kelurahan Tanjung, Kelurahan Kuala, Pamedas sampai ke Muara Sembilang itu semua di bibir pantai dan penghasil ikan yang terbesar,” kata Damsik, Jumat, 17 Mei 2024.

Selain perikanan, Kecamatan Samboja juga menjadi penghasil komoditi rumput laut. Berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar pada 2021, Kecamatan Samboja menyumbang produksi ikan laut terbesar di Kukar, yaitu 11.475 ton atau sekitar 26 persen dari total produksi ikan laut Kukar. 

Selain itu, Samboja juga menjadi sentra budidaya rumput laut terbesar di Kukar dengan produksi mencapai 903 ton pada 2021 atau sekitar 49 persen dari total produksi rumput laut Kukar.

“Oleh sebab itu, kami optimis Samboja bisa menjadi pemasok ikan dan hasil laut terbesar di Kukar secara konsisten,” akhiri Damsik. (*adv/diskominfokukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *