banner 1024x768 banner 1024x768

Dasawisma Maluhu Wakili Tenggarong Lomba Tingkat Kabupaten

Kutai Kartanegara, Harian Utama – Dasawisma Kusumawardhani Kelurahan Maluhu terpilih menjadi perwakilan Kecamatan Tenggarong dalam ajang lomba Dasawisma tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Hal tersebut berdasarkan penilaian tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kukar usai melakukan penilaian verifikasi lapangan.

Dikatakan Lurah Maluhu, Tenggarong, Tri Joko Kuncoro, sebelum Dasawisma Kusumawardhani menjadi wakil kecamatan, sejumlah penilaian telah dilakukan tim PKK Kecamatan. “Alhamdulillah Dasawisma kami terpilih, karena sudah aktif di berbagai hal, dan administrasinya kita sudah layak untuk diajukan lomba Dasawisma tingkat kabupaten,” katany, pada Minggu, 5 Mei 2024.

Ia mengurai tercatat ada 10 program pokok PKK telah diaplikasikan Dasawisma  di wilayah Rukun Tetangga (RT) Maluhu sebelum penilaian, ucap Pria tersebut. Antaranya mulai dari pengajian, kebersihan linkungan, pemanfaatan lahan pekarangan rumah, hingga posyandu.

Disebutkan Joko, pemanfaatan lahan pekarangan rumah warga sudah dilakukan sejak lama. Berbagai jenis sayuran dan buah-buahan ditanam di halaman rumah. Selain itu juga ada yang dikemas secara modern dengan metode hidroponik.

Pihaknya juga membuat inovasi dari pemanfaatan sampah organik, yaitu pembudidayaan maggot sebagai bahan pakan hewan ternak. Sampah-sampah organik yang didapatkan dari warga itu akan menjadi makanan maggot atau larva lalat tentara hitam.

“InsyaAllah, dengan program dan inovasi yang dibuat, kami yakin dan optimis bisa menang lomba Dasawisma kabupaten,” akhiti Tri Joko Kuncoro. (*adv/diskominfokukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *