banner 1024x768 banner 1024x768

Desa Muara Muntai Ilir Tiru Kerberhasilan Bumdes di Pulau Jawa

Kutai Kartanegara, Harian Utama -Desa Muara Muntai Ilir terus menggali potensi-potensi yang ada di wilayahnya. Desa yang berada di Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ini menggandeng Desa Ponggok, Jawa Tengah untuk mengeksplorasi lebih dalam.

Kepala Desa Muara Muntai Ilir, Arifadin Nur mengatakan, dirinya ingin meningkatkan taraf ekonomi bagi masyarakat. Diharapkan dengan kolaborasi ini dapat menemukan potensi desa yang selama ini masih tersembunyi.

Hal tersebut pun pernah dialami Desa Ponggok sebuah kawasan terpencil di Jawa Tengah, itu mampu berubah 180 derajat setelah memanfaatkan potensinya secara maksimal dengan menyulap menjadi Desa Wisata, Bahkan pendapatan BUMDesnya mencapai Rp 14 miliar per tahun. 

“Dengan status Desa Mandiri, kami tetap akan berupaya meningkatkan ekonomi kerakyatan demi kesejahteraan masyarakat. Desa Mandiri bukan hanya mandiri dalam infrastruktur, tetapi juga dalam peningkatan penghasilan tanpa bantuan,” kata Arifadin, belum lama ini.

Kemudian, dirinya juga memperjuangkan dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan para nelayan di wilayahnya. Berbagai usulan dari kelompok budidaya dan nelayan tradisional itu disampaikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, agar mendapat sentuhan bantuan.

Perjuangan itu pun menuai hasil. Sejumlah bantuan mulai dari bibit, pakan dan keramba ikan bakal diterima kelompok budidaya dan nelayan.

“Pada tahun 2024, kami melanjutkan bantuan berupa bibit dan pakan ikan mas dan nila, serta sekitar 40 kotak keramba ikan akan disalurkan,” tutupnya. (*adv/diskominfokukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *