banner 1024x768 banner 1024x768

Dispora Kukar Bantu Pengembangan SDM di Bidang Pertanian Daerah

Kutai Kartanegara, Harian Utama – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) untuk memastikan keberhasilan program pertanian daerah. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar adalah salah satu pihak yang mengambil peran dalam pengembangan SDM di bidang pertanian saat ini.

Salah satu langkah dinas dengan menggalakkan pelatihan untuk mengajak masyarakat menjadi petani modern. Antaranya melalui pengenalan dan pelatihan pembudidayaan Tanaman Kopi.

Melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kukar, Aji Ali Husni mengatakan, pertanian kopi di Kukar juga dapat berkembang dan bersaing dengan pertanian luar. Terutama melalui kemitraan petani kopi bersama cafe-cafe lokal yang menyajikan kopi daerah sebagai menu utamanya.

“Oleh sebab itu kami memberikan pendampingan khusus karena kopi ini kan kualitasnya akan baik apabila perlakuannya juga baik sesuai dengan standar. Dari pemupukannya, perawatannya, cara panennya, kemudian cara menjemurnya. Jangan sampai kita hanya buka cafe tapi kita tidak memikirkan hulunya atau kebunnya,” Aji, pada Selasa 4 April 2024.

Ia meneruskan penjelasan, bahwa pelatihan tersebut agar petani lokal dapat mengembangkan potensi pertanian mereka seperti daerah Jonggon yang berhasil dengan kebun kopinya dan Long Anai dengan coklatnya.

Selain itu kata pria tersebut, melalui pelatihan dan pembinaan yang diberikan kepada para pemuda tersebut, Ia ingin mereka dapat berkontribusi terhadap hasil perkebunan baik sebagai penyuplai maupun distributor. Karena petani tidak harus kotor, tidak harus turun ke tanah, tapi juga dapar menjadi pelaku usaha yang golongannya masih dalam sektor pertanian.

“Kita akan terus dorong ini. Tidak hanya sumber daya manusianya saja, tapi dari aspek perkebunannya juga akan kita pikirkan bagaimana bisa mengangkat potensinya,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *