banner 1024x768 banner 1024x768

Gebyar IWAPI Kutim 2023: Dorongan Peningkatan Ekonomi Lokal Melalui UMKM dan Home Industry

Sangatta – Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, menggarisbawahi komitmen Pemerintah Kabupaten Kutim dalam memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM, Home Industry, dan kelompok usaha untuk memperkenalkan produk-produk lokal mereka kepada masyarakat. Hal ini diungkapkan saat penutupan Gebyar IWAPI Kutim 2023 pada Minggu malam, 19 November 2023, di alun-alun Helipad Bukit Pelangi.

Ardiansyah Sulaiman berterima kasih kepada Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kutim yang telah berhasil menghimpun para pelaku UMKM dalam acara ini. Ia juga memaparkan bahwa Pemkab Kutim telah mengadakan 18 titik Bazar dan Expo di seluruh Kutim, tidak hanya melalui Diskon UKM pemerintah, tetapi juga melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti IWAPI.

“Diharapkan arena seperti ini terus berlanjut dan berkembang, memberikan ruang bagi UMKM untuk memperkenalkan produk-produk Kutai Timur,” ungkapnya.

Bupati berharap Gebyar IWAPI dapat menjadi agenda tahunan dengan konsep dan lokasi yang berbeda. Ia juga berharap IWAPI dapat memberikan pelatihan manajemen keuangan, produk, dan lainnya kepada pelaku UMKM.

“Bisa juga nanti IWAPI memberikan pelatihan Manajemen Keuangan, pelatihan Produk dan lainnya untuk pelaku UMKM,” pesan orang nomor satu Kutim ini.

Sebelumnya, Ketua IWAPI Kutim, Hj Siti Nurhasanah, menekankan bahwa Gebyar IWAPI 2023 diselenggarakan atas kerjasama dengan Pemkab Kutim, menampilkan 27 tenan yang diberikan secara gratis kepada UMKM oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman.

Nurhasanah berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi perhelatan biasa, melainkan perwujudan dari semangat kolaborasi dan dukungan terhadap peran pengusaha wanita serta UMKM. Ia berharap Gebyar IWAPI Kutim menjadi momentum bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya, meningkatkan omzet, dan memberi kontribusi positif pada perekonomian lokal.

“Disini kita tidak hanya melihat produk dan jasa yang ditawarkan, tapi ditengah kegiatan ini juga disajikan pentas seni yang memukau dengan melodi yang memikat dan karya seni visual yang menginspirasi. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan tidak hanya memiliki keahlian dalam dunia bisnis namun mampu juga dalam seni dan kreativitas,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, selain Bupati Ardiansyah Sulaiman, turut hadir Wakil Ketua DPRD Arfan, Ketua TP PKK Hj Siti Robiah, Ketua DPD IWAPI Kaltim Ernawaty Gafar beserta jajaran, pengurus IWAPI Kutim, anggota, serta undangan lainnya. (hu02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *