banner 1024x768 banner 1024x768

Kepala Disdamkarmatan Kukar Sebut Akan Terus Tingkatkan Kualitas Petugas

Kutai Kartanegara, Harian Utama – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di institusinya. Salah satu caranya yakni meningkatkan kemampuan personel melalui pusat pendidikan kilat pemadam kebakaran (Pusdiklatkar).

Kepala Disdamkarmatan Kukar, Fida Hurasani, menjelaskan pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan kemampuan personil pemadam kebakaran di Kabupaten Kukar. Upaya tersebut dikatakannya, agar personel instansinya memiliki kemampuan dan keterampilan dasar untuk melaksanakan tugas pemadaman dan penyelamatan.

Afe sapaan akrab Fida Hurasni mengatakan, sejak 2023 lalu, sejumlah upaya telah dilakukan untuk meningkatkan SDM personelnya. Salah satunya dengan mengirim 70 petugas Disdamkarmatan Kukar untuk mengikuti pelatihan standar di Pusdiklatkar Jakarta.

“Tahun lalu kita sudah melakukan pelatihan standar personel, kalau tidak ada kendala tahun ini kita kembali mengirim 70 orang personel untuk meningkatkan kualifikasi,” kata Afe, pada Rabu, 22 Mei 2024.

Ia menjelaskan, pendidikan dan pelatihan kebakaran memberikan pembekalan para petugas terhadap standarisasi pemadaman. Selain itu juga, terdapat banyak jenjang dalam profesi pemadam kebakaran, mulai dari pemadam I, pemadam II, Pemadam III, hingga inspektur muda, madya, dan utama.

Selain itu pria tersebut menyebut personel pemadam kebakaran di Kukar, juga akan  di target untuk memiliki lisensi Instruktur. Tujuannya agar personel Disdamkartmatan Kukar memiliki kemampuan menganalisa bangunan milik pemerintah atau swasta yang akan berdiri dan sudah berdiri aman dan mampu meminimalir dampak dari musibah kebakaran.

“Jadi kita dorong petugas kita memiliki kualifikasi instruktur untuk menganalisa bangunan di daerah,” tutupnya. (*adv/diskominfokukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *