Komitmen Kuat Pemkab Berau Dalam Menyukseskan Program Satu Data Indonesia 

TANJUNG REDEB, Harian Utama – Sekretaris Daerah , Muhammad Said mewakili membuka Kegiatan FGD Penyusunan Publikasi Berau dalam Angka sekaligus Pembinaan Statistik Sektoral Tahun 2024 di Ruang RPJPD Bapelitbang, pada Selasa (06/02/2024).

Pada sambutan Bupati Berau yang dibacakan oleh Sekda Berau mengatakan sangat menyambut baik terselenggaranya kegiatan FGD ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas data sebagai bahan perencanaan dan pembangunan daerah, karena hal ini sangat penting, mengingat indikator keberhasilan perencanaan dan pembangunan ditentukan oleh kualitas data yang digunakan dalam analisis penentuan strategi kebijakan penyelesaian masalah-masalah pembangunan.

“Namun, seingkali kita menghadapi situasi ketika semakin banyak data, maka justru semakin banyak masalah. Masalah yang sebenarnya terjadi tidak hanya terletak di mana tempat kita menyimpan data, melainkan terletak pada data kita sendiri. Dengan demikian, diperlukan program Satu Data Indonesia, termasuk di Kabupaten Berau agar data yang ada bisa lebih tertata dan terintegrasi, serta bermanfaat”, ucapnya.

Pelaksanaan program Satu Data Indonesia di Kabupaten Berau, tentunya memerlukan koordinasi, kolaborasi dan kerja sama yang baik agar data-data yang tersedia di Kabupaten Berau agar akurat, mutakhir, dan terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi pakaiakan. 

“Untuk itu, saya mendorong para peserta sekalian, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya”, katanya.

Ia berpesan kepada jajaran Badan Pusat Statistik Kabupaten Berau, agar dapat senantiasa memberikan bimbingan dan pendampingan, sehingga pelaksanaan program ini dapat berjalan sebagaimana mestinya, sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019.

Lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten Berau memiliki komitmen kuat dalam melaksanakan SDI melalui Peraturan Bupati Berau Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Satu Data Indonesia Kabupaten Berau. Pada Juli tahun 2022 lalu, Kabupaten Berau juga menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi Jaringan Informasi Geospasial Daerah se-, yang membahas kebijakan Satu Peta Indonesia, sebagai salah satu impelemtasi dari Satu Data Indonesia.

“Kami sangat menyadari, bahwa data merupakan unsur terpenting dalam melaksanakan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Data merupakan instrumen yang kuat dalam menentukan arah kebijakan pembangunan agar mampu menjadi solusi suatu permasalahan dan mempersiapkan kemajuan”, jelasnya.

Dirinya juga mengajak kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Karena kegiatan ini akan bermanfaat dalam menyukseskan program pembangunan di Kabupaten Berau menuju Berau maju dan sejahtera.

(Mya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *