banner 1024x768

Komunitas Pecinta Alam Bersihkan Sampah di Kampung Kajang, Wakil Bupati Apresiasi Partisipasi Masyarakat

SANGATTA – Berbagai komunitas pecinta alam bersama masyarakat Kampung Kajang turut berpartisipasi dalam aksi gotong royong membersihkan sampah dan rumput liar di sekitar wilayah Kecamatan Sangatta Selatan pada hari Minggu (18/06/2023).

Kegiatan bakti sosial tersebut menarik perhatian Wakil Bupati Kasmidi Bulang, yang juga ikut bergabung dengan masyarakat dalam membersihkan sampah dan rumput liar yang meluas sepanjang 2 kilometer di sekitar Kampung Kajang.

Setelah selesai membersihkan, Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengungkapkan harapannya agar kegiatan gotong royong tidak hanya dilakukan sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup, tetapi juga dilakukan secara rutin.

“Kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh dan pendidikan bagi komunitas dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan, terutama jika banyak komunitas yang tergerak dan peduli terhadap kebersihan lingkungannya,” ujar Kasmidi.

Kasmidi juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan mematuhi peraturan daerah terkait pembuangan sampah.

“Kita sudah memiliki Perda nomor 7 tahun 2012 tentang buang sampah pada tempatnya mulai pukul 18.00 hingga 06.00 Wita, dan jika lingkungan kita bersih, kita juga akan merasakan dampaknya,” ucap Kasmidi.

Selain itu, Kasmidi juga memberikan apresiasi kepada semua komunitas yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan “ Bersih”.

“Terima kasih kepada teman-teman komunitas dan masyarakat yang sangat antusias dan semangat dalam gotong royong membersihkan sampah dan semak di lingkungan mereka,” pungkasnya.

Sebanyak enam unit roda tiga disediakan untuk mengangkut sampah yang selanjutnya akan didistribusikan ke truk yang disiapkan oleh UPT Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup Kutim.

Ketua RT 05 Kampung Kajang, Untung, juga mengapresiasi kepedulian komunitas pecinta alam dan sinergi dengan pemerintah dalam kegiatan “Kutim Bersih”.

“Kami berharap kegiatan pembersihan lingkungan ini terus digalakkan, terutama di Kecamatan Sangatta Selatan. Terlebih lagi, Wakil Bupati Kasmidi turun langsung bersama warga membersihkan sampah,” ujarnya.(hu02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *