banner 1024x768 banner 1024x768

KPU Kabupaten Berau Lantik Panitia Pemungutan Suara di Tiga Kecamatan Kabupaten Berau

TANJUNG REDEB, Harian Utama – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten resmi melantik dan mengambil sumpah 78 orang panitia pemungutan suara (PPS) di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Teluk Bayur, Kecamatan Tanjung Redeb, dan Kecamatan Sambaliung yang diselenggarakan di Balai Mufakat, pada Minggu (26/05/2024).

Ketua KPU Kabupaten Berau, Budi Harianto menyampaikan pelantikan ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung.

“Sebenarnya kami berencana menggabung seluruh kampung, ada 110 kelurahan dan kampung di satu tempat di Tanjung Redeb. Namun, mengingat keterbatasan kapasitas tempat yang dapat menampung 330 orang, kami terpaksa melaksanakan pelantikan di tiap-tiap kecamatan,” ucapnya.

Ia juga mengatakan sebanyak lima komisioner KPU Kabupaten Berau dibagi ke 13 kecamatan untuk melaksanakan pelantikan serentak pada hari Minggu, 26 Mei yang dimana pelantikan ini dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh Indonesia. 

“Kami mohon maaf jika ada kekurangan dalam pelaksanaan hari ini. Setelah pelantikan ini, PPS yang telah dilantik resmi dapat melaksanakan tugas-tugas yang akan diberikan terkait tahapan pemilihan kepala daerah, gubernur dan wakil gubernur, serta bupati dan wakil bupati,” tambahnya.

Tahapan ini termasuk perekrutan dan verifikasi administrasi calon hingga tanggal 29 Mei. Selanjutnya, jika calon memenuhi syarat, akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual.

“Namun, kami menghadapi kendala dalam pembentukan sekretariat baik di tingkat PPK maupun kecamatan. Kami telah mengajukan permohonan penetapan sekretariat kepada Bupati dan diharapkan bisa diproses segera,” ungkap Budi Harianto.

Lebih lanjut, dirinya juga menyatakan pada bulan Juni akan dimulai proses pemutakhiran data pemilih yang akan berlangsung hingga September. 

Tak lupa, Budi Harianto juga mengucapkan selamat bertugas kepada para anggota PPS yang baru dilantik dan menekankan pentingnya integritas dalam melaksanakan tugas.

“Selamat kepada para anggota PPS, mulai hari ini saudara harus mulai bergerak menyusun langkah dan strategi, memastikan kapasitas diri, meliputi kesiapan pengetahuan, fisik, dan mental,” paparnya.

Terakhir, Ketua KPU menyampaikan bahwa anggaran untuk BPJS Ketenagakerjaan bagi KPPS telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Berau. 

“Kami berharap semua dapat bekerja dengan sehat dan sukses hingga akhir tahapan pemilihan,” pungkasnya.

(Mia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *