banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768

Kutim Tingkatkan Kompetensi Masyarakat Lewat Pelatihan Wirausaha

HarianUtama.com Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) terus berupaya meningkatkan kompetensi masyarakat, khususnya dalam bidang kewirausahaan. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya Kursus dan Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha di Gedung Buana Mekar, Sangatta, pada Rabu (29/5/2024).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF), Heri Purwanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan komptensi masyarakat agar memiliki kecakapan hidup, mengembangkan diri, profesi, bekerja, serta berwirausaha.

“Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat. Serta bersinergi mendukung kebijakan pemerintah pusat melalui direktorat kursus,” ujar Heri.

Lebih lanjut, Heri menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di tiga tempat dan kelas yang berbeda selama 5 hari, dimulai dari tanggal 29 Mei hingga 2 Juni 2024.

Para peserta pelatihan berasal dari berbagai latar belakang, termasuk narapidana di Lapas II Bontang, siswa di SPNF dan SKB Soekarno Hatta, serta masyarakat umum di LKP Bina Karya Education Sangatta Utara.

Pelatihan ini memberikan beragam keterampilan yang menunjang wirausaha, seperti menjahit, pastry bakery, musik tradisional, batik ecoprint, dan digital marketing.

Heri berharap, para peserta yang telah mengikuti pelatihan ini dapat menjadi lebih mandiri dan berdaya saing di dunia kerja.

“Sehingga mereka dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Kutim,” pungkasnya.

Upaya Disdikbud Kutim dalam meningkatkan kompetensi masyarakat melalui pelatihan wirausaha ini patut diapresiasi. Dengan membekali masyarakat dengan berbagai keterampilan, diharapkan dapat meningkatkan peluang kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kutim.(*/A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *