banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768

Optimalkan Pemanfaatan TIK, Diskominfo Gelar Sosialisasi untuk Pelajar SMA

Sangatta – Dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta mendukung pelajar menjadi cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Statistik serta Persandian (Staper) Kutai Timur menggelar sosialisasi TIK untuk pelajar SMA/SMK tahun 2024 Gelombang II pada Sabtu (18/5/2024).

Acara ini diikuti oleh 150 pelajar dari 12 SMA/SMK di Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Narasumber berasal dari Tim Relawan TIK Provinsi Kalimantan Timur, yaitu Surya Fajar Saputra, M.Kom dan Tri Wiyanto Sumaryawan, S.Kom.

Hasanuddin, sebagai panitia kegiatan, menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang TIK di kalangan pelajar, mengurangi penyebaran hoaks, serta melindungi data pribadi dari penyalahgunaan.

“Kalangan pelajar rentan menjadi korban penyalahgunaan Teknologi Informasi,” ujar Hasanuddin.

Sementara itu, Kabid TIK Sulisman, yang mewakili Kadis Kominfo Staper, menyampaikan hasil survei BPS tahun 2023 yang menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik telah mengakses internet untuk konten hiburan dan media sosial, namun penggunaan untuk hal-hal produktif masih rendah.

Sulisman berharap, melalui kegiatan sosialisasi ini, para pelajar dapat menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

“Kami berharap melalui sosialisasi ini, para pelajar dapat memanfaatkan TIK secara lebih produktif dan bertanggung jawab,” tambah Sulisman.

Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tambahan dan meningkatkan keterampilan pelajar dalam menggunakan TIK untuk keperluan yang bermanfaat dan mendukung pengembangan pribadi mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *