banner 1024x768 banner 1024x768

Pemkab Kukar Berupaya Meningkatkan Peran Pemuda Dalam Pembangunan Daerah

Kutai Kartanegara, Harian Utama – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) tengah berupaya meningkatkan kompetensi para pemuda. Ini dilakukan agar anak-anak muda Kukar memiliki daya saing dalam perkembangan daerah. Terpenting lagi di harap, mereka bisa terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

Kepada media ini, Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni, mengatakan, salah satu upaya meningkatkan kompetensi para pemuda adalah dengan melibatkan mereka dalam pembangunan daerah. Pengembangan kepemudaan ini dimaksimalkan melalui Program Klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM) yang dikelola oleh Dispora Kukar.

“Penguatan kami bagi berdasarkan kecamatan. Kecamatan yang sangat dekat IKN masuk dalam prioritas jangka panjang,” kata Aji, pada Rabu, 8 Mei 2024.

Ia menyebut, pengembangan kepemudaan ini masuk program prioritas Pemkab Kukar melalui Program Kukar Siap Kerja dan Kesejahteraan Rakyat Idaman. Program ini merupakan bagian dari visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah-Rendi Solihin. Dalam program ini, Dispora Kukar berperan menyediakan pelatihan kewirausahaan bagi para pemuda di 20 kecamatan di Kukar.

“Tidak hanya pelatihan saja, kami juga mengawal sampai mereka siap kerja dan membangun berbagai macam usaha,” bebernya.

Tujuan dari semua upaya ini, kata dia, agar para pemuda Kukar memiliki daya saing kerja, termasuk bersaing di IKN Nusantara. “Adanya IKN di Kaltim, persaingan kerja akan semakin tinggi. Maka perlu ada peningkatan kualitas SDM,” akhiri Aji. (*adv/diskominfokukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *