banner 1024x768 banner 1024x768

Pemkab Kukar Pastikan Pasokan Hewan Kurban Iduladha Terpenuhi

Kutai Kartanegara, Harian Utama – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara, memastikan sebagian besar sapi dan kabing qurban untuk ibadah kurban pada Idul Adha, pada 2024, bersal dari peternak lokal. Setidaknya 60 persen hewan ternak berasal dari budidaya pertenak di Kukar.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) Distanak Kukar, Aji Gazali Rahman, hampir 60 persen kebutuhan sapi kurban berasal dari peternak lokal. Sisanya, sapi kurban berasal dari pedagang musiman yang kerap menjajakan ternaknya sebulan sebelum Iduladha ditahun 2024.

“Untuk kebutuhan (Iduladha) dalam daerah baru bisa memenuhi sekitar 60 persen, kita masih mendatangkan dari luar daerah ya,” ungkap Aji Gazali, pada Selasa, 22 Mei 2024.

Sementara untuk hewan kurban jenis kambing, Kukar sendiri sudah mampu menopang 65-70 persen kebutuhan untuk Iduladha yang jatuh pada 17 Juni 2024 mendatang. Sisanya pun masih bergantung pada pedagang musiman yang berasal dari luar Kukar.

Paling banyak, sapi yang digunakan untuk hewan kurban di Kukar berupa sapi jenis ras Bali. Yang kebanyakan didatangkan dan dijual di Kukar, dari daerah Sulawesi, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Harapannya masyarakat jangan khawatir bahwa stok sapi kurban di Kukar terpenuhi, jadi jangan ragu untuk berkurban, Insya Allah Kukar bisa memenuhi,” tutupnya. (*adv/diskominfokukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *