banner 1024x768 banner 1024x768

Perhelatan Festival Sepak Bola Merdeka Belajar 2022 Tingkat Pelajar SMP se-Kutim Resmi Dibuka

SANGATTA – Wakil Bupati Kabupaten (), Kasmidi Bulang yang juga sebagai Ketua Asosiasi Kabupaten (ASKAB) PSSI Kutim membuka secara resmi perhelatan Festival Sepak Bola Merdeka Belajar 2022 tingkat pelajar SMP se Kabupaten Kutim yang dilaksanakan di Stadion Utama Sepak Bola Kudungga Sangatta, pada Jumat (19/11/2022).

Terlihat hadir dalam pembukaan Festival Sepak Bola Merdeka Belajar 2022 tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yuriansyah, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Shafur, Plt Kadisdik Kutim Irma Yuwinda beserta pejabat Disdik lainnya, Kasubag Umum dan Perlengkapan Setkab Kutim Moch Misbachul Khoir, para pengurus ASKAB PSSI Kutim, perwakilan Forkopimda dan kepala UPT Pendidikan di 13 kecamatan.

Kasmidi Bulang  berharap agar momentum sepak bola ini dapat dijadikan sebagai pengembangan bakat dan prestasi, sekaligus membangkitkan semangat untuk berolahraga kepada anak-anak didik, agar kelak bisa tumbuh menjadi anak-anak yang sehat, cerdas, ceria dan bertalenta.

“Saya sangat mengapresiasi pada Dinas Pendidikan, pada prinsipnya sangat mendukung serta menyambut baik dengan penyelenggaraan sepak bola tingkat pelajar ini. Karena bagi kami, pendidikan di sekolah tidak hanya terfokus pada kualitas akademik semata, tetapi juga menyangkut aspek non akademik. tersebut, para pelajar kita diharapkan dapat memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik, kebutuhan serta perkembangan yang ada,” jelas Kasmidi.

Kasmidi mengatakan, bahwa program ini juga merupakan salah satu program ASKAB PSSI Kutim yang melibatkan pendidikan, yang didalamnya selain ada turnamen sepak bola namun jga ada pengembangan potensi dan disiplin.

“Yakin saja adik-adik yang mengikuti turnamen ini memiliki pengalaman tersendiri, karena adik-adik akan disatukan dalam asrama. Selain berkompetisi menjadi juara, peserta juga akan mendapatkan materi kelas yang diisi dengan penguatan-penguatan untuk adik-adik semua termasuk pengalaman yang berkaitan dengan sepak bola. Yang sudah hadir di tengah-tengah kita, yakni kapten timnas sepak bola indonesia, Ismed Sofyan,” tuturnya dihadapan peserta Festival Sepak Bola Merdeka Belajar 2022.

Kasmidi menegaskan untuk program ini setiap tahun akan menjadi agenda rutin ASKAB PSSI Kutim. Di tahun depan akan digelar kegiatan serupa yang akan melibatkan dinas yang terkait, dan akan digelar untuk tingkat sekolah dasar serta tingkat SLTA.

“Kami sudah berkoordinasi dengan jenjang yang lebih tinggi yakni SMA untuk wilayah provinsi Kaltim, nanti pemain terbaik akan mendapatkan rekomendasi untuk masuk di SMA favorit dengan rekomendasi prestasi. Jadi SMA itu dapat menampung bukan hanya mereka yang berprestasi dalam pendidikan formal saja, namun mereka yang berprestasi dalam bidang olah raga dan seni juga wajib diberikan apresiasi, karena mereka yang akan membawa harum nama kabupaten kedepan,” tegasnya.

Kasmidi menambahkan, Pemkab Kutim akan membuat MoU kepada sekolah-sekolah agar dapat menampung pelajar yang berprestasi baik dibidang olahraga maupun dunia seni.

Melalui turnamen sepak bola tingkat pelajar ini, Ketua ASKAB PSSI Kutim ini juga berharap dapat menjadi bagian dari sistem pembinaan olahraga yang bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlet sepak bola yang selanjutnya dibina bakal menjadi atlet sepak bola pelajar daerah yang mengikuti turnamen turnamen tingkat provinsi maupun nasional.

Untuk diketahui Festival Sepak Bola Merdeka Belajar 2022 yang berlangsung mulai tanggal 17 November 2022 sampai dengan 22 November 2022, diikuti oleh 13 kecamatan dengan total peserta sebanyak 234 anak (pelajar) diantaranya Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Sandaran, Busang, Rantau Pulung, Batu Ampar, Sangkulirang, Kongbeng, Wahau, Kaliorang, Bengalon dan Kecamatan Kaubun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *