banner 1024x768 banner 1024x768

PT Berau Coal Bangun Balai Serbaguna dan Kantor Kepala Kampung Long Lanuk, Demi Meningkatkan Fasilitas Pelayanan Masyarakat Lingkar Tambang

SAMBALIUNG, HARIAN UTAMA-PT Coal terus berkomitmen dalam kemajuan Kabupaten Berau lewat program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Kali ini PT Berau Coal membangun infrastruktur, yaitu Kantor Kepala Kampung Long Lanuk dan Balai Serbaguna yang diresmikan oleh , Selasa (21/03).
CSR Advisor PT Berau Coal, Horas Parsaulian Pardede mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur kantor dikarenakan kantor sebelumnya sangat kecil dan balai serbaguna kondisinya kurang memadai, sehingga pelayanan dan kegiatan kampung kurang optimal.
“Pembangunan ini sudah direncanakan sejak Tahun 2021, akibat pandemi pembangunan sempat terhenti dan baru terselesaikan dan dan diresmikan di tahun 2023 ini,” ungkap Horas.
Dirinya mengaku, program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di kampung yang berada di area lingkar tambang PT Berau Coal akan selalu mendapatkan dukungan dari pihaknya. Namun, program tersebut memang merupakan kebutuhan dari masyarakat kampung yang dapat berdampak positif jangka panjang.
“Kami berupaya untuk selalu memberikan dukungan, asalkan memang dibutuhkan oleh masyarakat kita. Bukan sekedar keinginan tapi kebutuhan bersama,” ujarnya.
Horas juga menyebut, dengan peningkatan infrastruktur di Kampung Long Lanuk, ia berharap dapat menjadikan pelayanan kampung kepada masyarakat lebih optimal, dan kegiatan kampung dapat terakomodasi dengan baik.
“Bukan hanya kali ini saja, Kampung Long Lanuk juga telah beberapa kali mendapatkan bantuan, seperti sebelumnya fasilitas ketersediaan listrik, pengolahan sanitasi air bersih, posyandu hingga masjid,” terangnya.
Dalam kesempatan berikutnya, PT Berau Coal juga akan membantu pembangunan gereja di Kampung Long Lanuk. Selain itu, ia mengaku Kampung Tumbit juga akan diberikan bantuan untuk pembangunan kantornya. “Saat ini sedang proses pembangunan juga,” ucapnya.
Disisi lain, dikatakan Horas, PT Berau Coal juga mendorong BUMK di setiap kampung agar bisa berkembang lewat dukungan yang pihaknya berikan. Sebagai contoh, pembangunan kantor Kepala Kampung Long Lanuk dan Balai Serbaguna ini juga dibangun lewat kerja sama dengan BUMK Long Lanuk.
“Jadi kami juga membantu agar BUMK di kampung-kampung bisa maju dan berkembang seterusnya,” tuturnya.
Ia berharap dengan dibangunnya Kantor Kepala Kampung dan Gedung Serba Guna bisa berdampak positif secara jangka panjang membantu masyarakat. Baik yang ingin mendapatkan layanan administratif maupun kegiatan yang memerlukan sarana gedung.
“Diharapkan dapat menunjang kegiatan kampung dan pelayanan masyarakat menjadi lebih maksimal dan lancar. Tentu juga kami berharap Berau Coal dapat terus mendampingi kemajuan masyarakat kampung dampingan dan memberi manfaat secara jangka panjang” tutupnya.
Bupati Berau Sri Juniarsih yang hadir meresmikan kantor baru beranggapan, dibangunnya kantor kepala kampung tersebut telah menunjukkan kolaborasi yang solid antara Pemerintah Kabupaten Berau, Pemerintah Kecamatan hingga Pemerintah Kampung dengan dunia industri dan usaha yang ada di sekitar.
Dirinya berharap, sejalan dengan fasilitas pemerintahan yang baru ini dapat meningkatkan pelayanan kampung kepada 
Dirinya berharap, sejalan dengan fasilitas pemerintahan yang baru ini dapat meningkatkan pelayanan kampung kepada masyarakat. Terlebih, ruang serbaguna yang juga ikut diresmikan bisa memberikan manfaat dalam mendukung kegiatan masyarakat di Kampung Long Lanuk.
“Saya mengapresiasi kolaborasi yang telah terjalin, kerja sama serupa harus tetap berjalan dan berkelanjutan. Kolaborasi pemerintah dan perusahaan harus berjalan seiring dan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan. Ini tempat yang representatif, jaga fasilitasnya dan tingkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.
Sementara itu, Kepala Kampung Long Lanuk Solaiman mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan yang selama ini diberikan PT Berau Coal melalui Program PPM yang dijalankan di kampungnya.
“Saya mewakili pemerintah kampung dan masyarakat Kampung Long Lanuk sangat berterima kasih kepada PT Berau Coal yang selalu konsisten memberikan perhatiannya kepada kami,” ungkap Solaiman.
Lanjutnya, hal ini merupakan satu tindakan yang berdampak positif. Sebagai perusahaan yang beroperasi di wilayah Kampung Lang Lanuk, PT Berau Coal telah menjalankan kewajibannya untuk memperhatikan kampung-kampung yang berada di area lingkar tambang.
“Seluruh masyarakat menyambut dengan suka cita dan merasa sangat senang dengan bantuan ini,” katanya.
Ia berharap, PT Berau Coal terus memberikan perhatiannya kepada Kampung Long Lanuk dan semoga menjadi percontohan bagi perusahaan-perusahaan lain. (*/Fer/adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *