PT SBE Beri CSR 1,5 Miliar Dua Kampung Satu Kecamatan

Wujud Komitmen Terhadap Masyarakat, PT SBE Salurkan Dana CSR Sebesar 1,5 Miliar Kepada Kampung Dan Kelurahan di Lingkar Tambang

TELUK BAYUR, HARIAN UTAMA- Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat lingkar tambang, PT Supra Bara Energi (SBE) menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Kampung Pegat Bukur, Rantau Panjang, dan Kecamatan Teluk Bayur, Senin (12/12/2022).

Hadir dalam kegiatan penyerahan CSR ini Camat Sambaliung, Nazaruddin; Camat Teluk Bayur, Endang Iriani; Lurah Teluk Bayur; Kepala Kampung Pegat Bukur, Adi; Kapolsek Teluk Bayur, IPTU Didik; Kapolsek Sambaliung, IPTU Iwan, Danramil Teluk Bayur, dan Pimpinan Puskesmas Teluk Bayur.

Direksi PT SBE Tri Agus Heru mengatakan, Program CSR ini merupakan tanggung jawab pihaknya kepada masyarakat sekitar tambang.”Kedepan kita akan betul-betul membuat semacam program CSR ini yang benar- benar memang di perlukan. Seperti kegiatan-kegiatan sosial yang bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Dirinya menyebut di tahun 2022 ini yang mendapatkan Dana CSR ialah dua kampung dan satu kelurahan yang dimana untuk setiap kampung atau kelurahan tersebut mendapatkan dana sebesar Rp 500 juta per tahun.

“Hari ini kita selesaikan untuk tahap kedua, tahap pertama sudah kita lakukan pada bulan Juli, jadi tahun ini kita bagi menjadi 2 tahapan,” kata dia.

Dikatakannya, mekanisme dalam penggunaan CSR ini sementara pihaknya hanya meminta laporan pertanggung jawaban penggunaan. “Kami melihat untuk saat ini digunakan untuk keperluan mesjid kemudian rumah ibadah dan lain sebagainya.

Harapan kami kedepan saya kira kita betul-betul ingin mengajak masyarakat untuk ikut serta didalam rangka menentukan yang bisa dilakukan oleh masyarakat sehingga program CSR ini betul-betul bisa dirasakan oleh masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Amba yang juga menjabat sebagai Direktur PT SBE mengungkapkan sebelumnya dari tahun 2019 dan 2020 lalu mekanismenya tidak seperti saat ini. “Waktu itu kami membagikan CSR langsung kepada sasarannya.

Misalnya kampung rantau panjang butuh tower air sekian puluh atau sekian ratus juta kami bantu dan sediakan. Kemudian teluk bayur perlu pemugaran mesjid atau apa kami sediakan. Akan tetapi sejak berubahnya peraturan Menteri SDM juga berubah mekanisme program CSR ini,” ungkap Amba.

“Kementrian SDM sekarang menanyakan langsung kalau dulu kan bisa direct-direct akhirnya saya dengan pak kasan membuat konsep pembagian dana CSR ini,” terangnya.

Amba mengakui, untuk tahun 2022 ini sebenarnya hanya Rp 1 Miliar CSR yang akan diberikan kepada 2 kampung dan 1 kelurahan di kawasan lingkar tambang PT SBE. “Tapi dari management kita tambah Rp 500 juga sehingga dana CSR yang diberikan pada tahun 2022 ini sebesar Rp 1,5 Miliar.

Tapi tidak menutup kemungkinan untuk tahun depan setelah keluar RKB saya mau masing-masing kampung ingin saya datangin seperti Pak Adhi pernah saya datangin, bu Rahma sudah, juga pak lurah,” Katanya.

Lebih lanjut, Sasaran prioritas dalam pemberian CSR ini ialah pada sektor pendidikan, kesehatan. “Kalau untuk pendidikan jika ada putra dan putri berpotensi di yang khususnya berada dikawasan lingkar tambang. Kami ingin membiayai dia atau memberikan dana dan itu bermanfaat bagi kami juga, itu sih tujuan kami kedepan. Mudah-mudahan kita sinergi dengan kampung atau kelurahan yang berada dilingkar satu PT SBE,” Terangnya.

Saat dimintai tanggapannya, Camat Sambaliung, Nazaruddin menuturkan dirinya mengucapkan Terima kasih atas perhatian PT SBE terhadap dua kampung yang termasuk kedalam lingkar tambang PT SBE. “Yang dapat ini kan masyarakat kampung khususnya kampung kami Rantau panjang dan Pegat Bukur yang menjadi ring I PT SBE. Saya kira CSR ini merupakan kewajiban daripada perusahan untuk dapat memberikan bantuan sosial kemasyarakatan,” ucap Nazaruddin.

Dikatakannya, sebagaimana yang telah ia sampaikan agar supaya dari perusahaan dapat memberikan suatu kerangka acuan untuk penggunaannya supaya kampung tidak salah menggunakan didalam hal dana yang ada ini. “Memang dengan adanya pemberian dana CSR ini masyarakat kami pada dasarnya sangat terbantu dengan adanya anggaran tahun ini 500 juta per tahun yang mereka harapkan dapat dimanfaatkan secara luas,” Imbuhnya.

Dirinya berharap program ini dapat berlanjut pasalnya perusahaannya juga masih eksis dan ia mengharapkan tahun depan bisa lebih besar daripada tahun yang ada saat ini.Hal senada juga diutarakan Camat Teluk Bayur Endang Iriani dirinya juga mengucapkan apresiasi dan terimakasih atas kepedulian PT SBE terkait program bantuan CSR kepada kelurahan dan yang berada di Kecamatan Teluk Bayur. “Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada PT SBE atas pemberian program CSR ini dengan adanya program ini tentu sangat membantu kelurahan yang ada di kecamatan Teluk Bayur,” pungkasnya. (Rizal/adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *