Sakirman Minta Pemkan Perhatikan Kesejahteraan Petani

TANJUNG REDEB,Harian Utama– Anggota Komisi III DPRD , Sakirman mengatakan perlu adanya program dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk petani. Hal tersebut bertujuan agar perekonomian petani di Kabupaten Berai dapat meningkat.

Menurut Sakirman, kondisi petani di Kabupaten Berau saat ini masih kurang sejahtera. Bahkan generasi muda sekarang kurang berminta untuk menekuni profesi sebagai petani atau hanya sekedar berkebun. Sehingga, diperlukan dukungan atau pembinaan dan pendampingan kepada para petani untuk dapat meningkatkan penghasilan mereka.

“Tidak hanya itu. Kita juga perlu mendengarkan apa saja yang menjadi hambatan para petani selama ini,” ujarnya. Kamis (16/11/2023).

Saat ini, kemajuan teknologi yang diperuntukkan untuk petani, baik dalam proses tanam hingga panen, seharusnya sudah bisa meningkatkan produksi pertanian yang otomatis juga menambah hasil ekonomi petani.

“Perlu adanya tindak lanjut bagaimana kita mensupport kondisi para petani yang semakin menurun. Tentunya kita harus membantu mereka dengan peralatan modern karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemerosotan tersebut,” tambahnya.

Seperti di Kampung Buyung-buyung telah ada project untuk pengadaan peralatan apa saja yang belum dimiliki agar lebih memudahkan para petani. “Kita sebagai pemerintah harus membantu mereka tentunya dengan memberikan peralatan modern, agar setiap potensi yang ada di kampung-kampung bisa lebih memudahkan para petani dalam bertani,” tegasnya.

Sedangkan untuk pengembangan SDM, ada program rutin studi banding, yang dilaksanakan setiap tahun untuk mengembangkan SDM. Tujuannya untuk memotivasi para petani agar lebih meningkatkan hasil produksinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *