banner 1024x768 banner 1024x768

Siang Geah Harap Lomplai Bisa Memberikan Dampak Positif

Muara Wahau – Anggota DPRD Kutai Timur (DPRD Kutim), Siang Geah, Merasa Bersyukur dengan Penetapan Lomplai sebagai Event Pariwisata Nasional

Siang Geah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kutai Timur (DPRD Kutim), menyatakan rasa syukur dan memberikan apresiasi kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) atas penetapan pesta budaya adat Lomplai sebagai bagian dari kalender kunjungan pariwisata tingkat nasional atau menjadi event nusantara.

“Mudah-mudahan hal ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, baik dalam hal peningkatan jumlah kunjungan wisatawan maupun dalam hal perekonomian bagi warga, terutama di Kecamatan Muara Wahau,” ujar Siang Geah.

Selain itu, Siang Geah mengaku tidak pernah menyangka bahwa tradisi pesta panen masyarakat suku Dayak Wehea ini akan mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah daerah.

“Hingga saat ini, kami sebagai warga Wehea tidak mengetahui bagaimana tradisi kami, Lomplai, dinilai sehingga masuk dalam agenda pariwisata nasional. Kegiatan Lomplai ini sudah berlangsung dan kami lakukan sejak zaman dahulu,” ungkapnya.

Siang Geah berharap bahwa kekurangan-kekurangan yang masih ada dalam kegiatan Lomplai ini dapat segera tertutupi dan ditingkatkan, baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat Wehea itu sendiri.

Dengan ditetapkannya tradisi Lomplai sebagai event pariwisata tingkat nasional, Siang Geah berharap hal ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat, khususnya warga suku Dayak Wehea di Kecamatan Muara Wahau.(hu02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *