banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768

SYARIFATUL SYADIAH : Tingkatkan SDM Pariwisata

Pariwisata Berau

TANJUNG REDEB, HARIAN UTAMA – meminta jajaran Pemkab untuk fokus dalam membenahi sektor pariwisata di Kabupaten Berau. Pasalnya, sektor tersebut dinilai mampu menjadi leading sector untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua 1 DPRD Berau, Syarifatul Sa'adiah. Dirinya mengungkapkan, pihak eksekutif lah yang harus memulai konsentrasi pengembangan potensi pariwisata itu.

Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan melibatkan kerjasama lintas sektor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan berbagai stakeholder terkait. “Utamanya memang Dinas Pariwisata yang harus mempunyai insting, inovasi, dan design tentang bagaimana pariwisata kedepannya. Mulai dari apa yang kurang dalam pengembangan destinasi wisata nantinya bisa melibatkan Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau,” ucapnya, Selasa (21/6).

Dirinya menambahkan, seperti pada akses menuju lokasi pariwisata yang harus mendapatkan perhatian. Secara berperan aktif untuk melobi bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. “Karena jalan ini merupakan kewenangan Pemprov Kaltim. Mulai dari perbaikan dan peningkatan jalan ke tempat wisata. Termasuk juga infrastruktur pada pariwisata harus disediakan dengan baik,” tambahnya.

Dirinya pun turut menyoroti terkait kebersihan destinasi pariwisata yang juga harus ditingkatkan. Tujuannya, tentu untuk menciptakan suasana kenyamanan bagi para wisatawan. Tak hanya itu, politisi Partai Golkar itu menekankan agar Dinas Pariwisata dapat diberikan anggaran lebih agar mampu mempromosikan sektor pariwisata itu. Bahkan, dirinya mengklaim pemberian alokasi lebih anggaran itu ada kaitannya dengan visi dan misi Bupati untuk pengembangan pariwisata serta sumber daya yang berdasarkan kearifan lokal. “Sementara, kalau anggaran mereka tidak mencukupi bagaimana mereka dapat merealisasikan pengembangan itu. Padahal, banyaknya potensi pariwisata di Berau yang bisa menjadi daya tarik bagi daerah ini,” jelasnya.

Terakhir, peningkatan sumber daya manusia yang unggul dalam menciptakan gebrakan baru untuk mengelola potensi pariwisata. Dalam hal ini, Pemkab Berau harus merangkul pelaku-pelaku wisata, seperti kelompok sadar wisata (Pokdarwis) hingga pelaku UMKM. “Jadi harus dibina bagaimana mereka dapat membuat produk dan packaging-nya yang sesuai standarisasinya. Kemudian, bagaimana mereka juga dapat memberikan pelayanan kepada wisatawan, mulai dari sarana transportasi dan pelayanan kepada wisatawan,” pungkasnya. (HRR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *