banner 1024x768

Tingginya Kasus Rabies di Berau, Rudi Minta Pemilik Hewan Lakukan Vaksinasi

TANJUNG REDEB, HARIAN UTAMA- Anggota Komisi I DPRD Kabupaten , Rudi Mangunsong menyoroti tingginya kasus rabies di Kabupaten Berau akibat gigitan hewan seperti anjing, kucing dan monyet.

Untuk diketahui, ada 125 warga yang terkena gigitan hewan yang terjangkit penyakit rabies dalam kurun waktu tiga tahun terakhir di Kabupaten Berau.

Ia mengatakan harus ada upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk mengantisipasi dan menekan angka penyebaran penyakit rabies. Apalagi pada masa endemik yang ditularkan dari hewan peliharaan.

Untuk itu, ia meminta kepada pemilik tersebut untuk memastikan kesehatan dan melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaannya. Sebab, rabies biasanya menyebar melalui gigitan hewan, terutama anjing dan kucing.

“Kita tidak mengetahui apakah hewan itu terjangkit atau tidak, artinya para pemilik hewan tersebut yang harus memperhatikan kesehatan hewan peliharaan mereka,” katanya Rabu (21/6/2023).

Ia berharap, pemilik juga diminta tidak melepaskan hewan peliharaannya dengan sembarangan.

“Jangan sampai mengganggu ketertiban . Jadi harus ada pola pemeliharaan yang baik,” tuturnya. Dirinya pun mengimbau instansi terkait untuk mengoptimalkan upaya mengantisipasi dan menekan kasus rabies yang beredar di masyarakat.

“Kalau bisa lakukan sosialisasi dititik dimana kasus itu terjadi. Ketika hewan tersebut telah dianggap meresahkan, akan kita berikan berikan aturan agar tertata lebih baik kedepannya,” tutupnya. (*/Rizal/adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *