banner 1024x768

Pastikan kesehatan WBP Rutan Tanjung Redeb Dengan Screening HIV dan Penyakit Kelamin

TANJUNG REDEB, Global Satu – Pastikan kesehatan WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) Rutan Tanjung Redeb bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Puskesmas Kampung Bugis dan LABKESDA (Laboratorium Kesehatan Daerah) Kabupaten Berau laksanakan Screening HIV dan Pemeriksaan Penyakit Kelamin, (13/08).

Kepala Puskesmas Kampung Bugis, Bachri Karta Kesuma, mengatakan bahwa hal terlaksana guna mengetahui dan mencegah terjadinya penyebaran penyakit HIV dan penyakit kelamin di Kabupaten Berau. Pasalnya, dihuni oleh mayoritas masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Berau.

“Pemeriksaan kesehatan guna mengetahui penyakit HIV ataupun Sipilis dan Hepatitis,” Terang Bachri.

“Kita takutkan sebelum masuk ke sini (Rutan Tanjung Redeb) sudah terjangkit penyakit tersebut. Terlebih mayoritas dari mereka (WBP) adalah masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Berau,” lanjutnya.

Kepala Rutan Tanjung Redeb, Puang Dirham, Menerangkan jika ada WBP yang terjangkit dengan penyakit HIV atau penyakit kelamin, nantinya akan ditindak lanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Sejak WBP kami terima, kita sudah terapkan pelayanan dan perawatan kesehatan maksimal bekerjasama dengan Puskesmas Kampung Bugis,” Jelas Puang.

“Hari ini bersama Puskesmas Kampung Bugis dan LABKESDA kita cek seluruh WBP untuk mengetahui apakah ada yang terjangkit HIV atau Penyakit Kelamin. Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan hal terkait, maka akan kami rawat dan di tindak lanjuti sesuai prosedur kesehatan yang berlaku,” Terang Puang.

Harapannya, kegiatan ini dapat menekan angka penderita penyakit HIV dan Penyakit Kelamin di wilayah Kabupaten Berau.

Sumber : Humas Rutan Berau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *