PT Berau Coal Wujudkan Gedung Terpadu di Kampung Sei Bebanir Bangun

Sambaliung, Harian Utama – Kampung Sei Bebanir Bangun kini dapat memanfaatkan Gedung Terpadu yang baru selesai dibangun, berkat bantuan dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Coal.

Gedung ini dianggap sebagai langkah maju dalam mendukung keberlanjutan dan kemajuan kampung, serta akan menjadi pusat kegiatan lembaga-lembaga perangkat kampung.

Pembangunan gedung tersebut saat ini telah selesai dibangun dan akan segera dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga perangkat kampung.Community Development Superintendent , Reza Hermawan, menegaskan komitmennya untuk membantu memajukan pembangunan di Kabupaten Berau, khususnya di kampung-kampung sekitar perusahaan.

Dukungan berupa pembangunan gedung terpadu di Kampung Sei Bebanir Bangun ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi program pemerintah kampung dan perangkatnya dalam meningkatkan aspek ekonomi, pendidikan, dan kesehatan, serta memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat sekitar.

“Gedung terpadu ini direncanakan akan dimanfaatkan oleh berbagai perangkat kampung, seperti Badan Permusyawaratan Kampung (BPK), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Karang Taruna, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Badan Usaha Milik Kampung (BUMK), serta Pondok Bersalin Desa (Polindes),” ungkapnya.

Reza menyampaikan bahwa sebelumnya, perangkat-perangkat kampung tidak memiliki tempat yang memadai untuk melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing lembaga. Dengan hadirnya gedung ini, diharapkan pelayanan dan kontribusi kepada masyarakat dapat dilakukan dengan lebih optimal.

“Pembangunan gedung ini dimulai pada Mei 2023 dan berhasil diselesaikan pada Desember 2023. Secara simbolis, gedung tersebut telah diserahterimakan kepada kampung pada Jumat (5/1) lalu.

Setelah pembangunan selesai dan diserahterimakan, gedung akan segera digunakan oleh pihak kampung. Kelengkapan alat dan sarana lainnya akan diisi oleh pihak kampung,” jelasnya.

Dengan pendirian gedung terpadu ini, diharapkan semua lembaga kampung dapat meningkatkan pelayanannya secara optimal kepada masyarakat Kampung Sei Bebanir Bangun. Selain itu, diharapkan tercipta sinergi dan kolaborasi yang erat antara lembaga kampung dan PT Berau Coal, menciptakan dampak positif yang berkelanjutan untuk perkembangan bersama dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Sementara, Pj Kepala Kampung Sei Bebanir Bangun, Hermansyah, dengan tulus mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada PT Berau Coal atas bantuan program PPMnya berupa gedung yang telah diserahkan kepada lembaga unit desa Kampung Sei Bebanir Bangun.

Ungkapan terima kasih tersebut tidak hanya sebagai bentuk apresiasi, tetapi juga sebagai wujud penghargaan atas kontribusi positif yang diberikan oleh perusahaan kepada masyarakat setempat.

“Semoga ke depannya bantuan ini dapat kami manfaatkan dengan baik dan semaksimal mungkin,” ujarnya.

Hermansyah menjelaskan bahwa sebelum pihaknya mengambil langkah untuk menempati gedung tersebut, mereka akan segera mengupayakan kelengkapan fasilitas penunjang kerja dari tiap-tiap lembaga unit desa yang terdapat di Kampung Sei Bebanir Bangun.

Selanjutnya, lembaga unit desa yang diidentifikasi untuk menempati gedung tersebut mencakup BPK, LPM, BUMK, Karang Taruna, PKK, dan Polindes.

Melalui pengelolaan ruang yang efisien, Hermansyah berharap bahwa gedung terpadu ini akan menciptakan kesempatan bagi lembaga unit desa untuk bersatu dan pada akhirnya, memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Kampung Sei Bebanir Bangun.

Selain itu, ia menegaskan bahwa jika terdapat ruangan yang belum terisi, langkah akan diambil untuk mengalokasikannya kepada lembaga unit desa yang masih membutuhkan tempat.

Dengan demikian, keberadaan gedung terpadu diharapkan tidak hanya menjadi sarana fisik, tetapi juga memperkuat kerja sama dan efektivitas lembaga desa dalam melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

“Semoga sinergitas dengan PT Berau Coal tetap terjalin dan kerja sama kami dapat berkelanjutan untuk sektor lainnya,” harapnya.

Ketua BPK Sei Bebanir Bangun, Annam, juga berterima kasih kepada PT Berau Coal atas program PPM atau CSR-nya. Karena kini pihaknya telah mendapat ruangan sendiri untuk melakukan tugas dan fungsinya sebagai BPK Sei Bebanir Bangun.

Ruangan ini menjadi sarana yang sangat berarti bagi lembaga tersebut untuk menjalankan tugas dan fungsi secara lebih efektif di tengah masyarakat Kampung Sei Bebanir Bangun.”Terima kasih kepada PT Berau Coal atas kontribusinya. Ruangan ini memberikan kami kesempatan untuk menjalankan tugas dan fungsi BPK Sei Bebanir Bangun dengan lebih efektif”, ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa selama ini, semua lembaga kampung di Kampung Sei Bebanir Bangun terpaksa menumpang di gedung-gedung lain, dengan PKK bahkan menggunakan gedung bekas, seperti bekas kantor kepala kampung yang sudah tidak digunakan.

Annam menekankan bahwa bantuan ini tidak hanya memberikan manfaat konkret kepada BPK Sei Bebanir Bangun, tetapi juga memberikan harapan untuk kelanjutan dukungan ke sektor lain yang dapat berkontribusi pada kemajuan kampung, khususnya untuk kesejahteraan warga sekitar tambang.

Dengan demikian, dirinya mengutarakan harapannya agar bantuan yang diberikan dapat berlanjut dan melibatkan sektor-sektor lain yang mendukung perkembangan kampung, menciptakan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat setempat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *