banner 1024x768

Tingkatkan Evektivitas Pendidikan Perguruan Tinggi, UT Laksanakan OSMB

Erwin Manager marketing dan registrasi UT

Sangatta – Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) kembali digelar UPBJJ Universitas Terbuka (UT) Kaltim. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari pada tanggal 23-24/03/24 di Royal Victorya Sangatta.

Manager Marketing dan Registrasi Universitas Terbuka (UT) Kalimantan Timur, Erwin, menjelaskan bahwa PKBJJ bertujuan membekali mahasiswa baru dalam proses pembelajaran di UT yang berbeda dengan universitas lain.

“Kegiatan ini salah satunya yang kita laksanakan kemarin Orientasi Studi Mahasiswa Baru dan hari ini Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh,” ungkapnya, Minggu (24/3/2024).

Lanjutnya, Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang menyelenggarakan layanan pendidikan dengan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ).

“Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian,” ucapnya.

Erwin menambahkan pendaftaran mahasiswa di Kutim berjumlah 280 orang dan terdiri beberapa kriteria usia.

“Dalam perkembangannya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, saat ini FST-UT menawarkan 6 (enam) Program Studi berjenjang S1, yaitu Statistika, Matematika, Biologi, Ilmu Dan Tekonologi Pangan, Agribisnis dan PWKL (Perencanaan Wilayah Dan Kota Bidang Minat Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan),” jelasnya.

“Tak ada batasan waktu kuliah. Dalam perjalanan kuliah ketika ada keperluan lain silakan mengajukan cuti. Evaluasi mahasiswa standar, tak ada perbedaan di seluruh Indonesia. Kami berstatus negeri, sama dengan (UGM) Universitas Gadjah Mada, UI (Universitas Indonesia), serta universitas negeri lainnya,” sambungnya.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, pihaknya  berharap mahasiswa betul-betul paham bagaimana belajar di Universitas Terbuka yang menerapkan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh.

“Tujuan utama kegiatan ini, bagaimana mahasiswa diajak untuk lebih mengenal UT sebagai Perguruan Tinggi jarak jauh, bagaimana mereka (mahasiswa) dilatih keterampilan mengelola waktu, membaca efektif, merekam hasil baca, kiat mengerjakan tugas tutorial, mempersiapkan UAS, dan keterampilan mengakses layanan UT secara online, dan tutorial online,” bebernya.(*A/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *