banner 1024x768

174 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemkab Resmi Dilantik

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, secara resmi melantik dan mengambil sumpah dari 174 pejabat fungsional di lingkungan pemerintah Kutim. Acara ini berlangsung di Ruang Meranti, Kantor Bupati, Bukit Pelangi, Sangatta.

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Kutim, Kasmidi Bulang, Asisten 1 Pemkesra Kutim, Piniso Suryo Renggono, dan Plt. Asisten III Sekkab Kutim, Didi Herdiansyah.

Dalam sambutannya, Ardiansyah Sulaiman mengucapkan selamat kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diangkat ke jabatan fungsional, baik melalui pengangkatan pertama maupun perpindahan dari jabatan lain.

“Saya minta kepada saudara-saudara, untuk bekerja dengan sepenuh hati, dedikasi, dan bertanggung jawab sesuai dengan tugas jabatan yang saudara emban,” tegas Ardiansyah Sulaiman.

Ia menekankan bahwa dengan diberlakukannya Peraturan Menteri (Permen) Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 1 tahun 2023 tentang jabatan fungsional, diharapkan para pejabat dapat lebih termotivasi dan fokus dalam bekerja untuk mencapai target kinerja organisasi perangkat daerah masing-masing.

Menurut Ardiansyah, dengan adanya perubahan tersebut, pejabat tidak perlu lagi memikirkan daftar usulan pengangkatan angka kredit (DUPAK) yang diperoleh dari konversi predikat kinerja yang dinilai oleh atasan langsung.

Ardiansyah juga mengakui bahwa jabatan fungsional tidak lagi dipandang sebelah mata. Selain memiliki pola karir yang lebih fleksibel dan kelas jabatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jabatan pelaksana, banyak PNS dari jabatan pelaksana yang berminat untuk beralih ke jabatan fungsional.

Selain itu, ia mengingatkan kembali pentingnya Core Value berakhlak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kutim, di mana salah satu nilai pentingnya adalah berorientasi pelayanan.

“Hal ini penting untuk selalu ditumbuhkembangkan dalam jiwa setiap ASN Kutim, agar selalu memiliki semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sebaik-baiknya tanpa memandang suku, ras, dan agama,” tegasnya.

Ardiansyah juga memberikan pesan kepada para pejabat yang dilantik hari ini untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bekerja dengan baik, profesional, dan penuh tanggung jawab.

“Ia juga mengingatkan untuk menghindari sikap dan perbuatan tercela yang menyimpang dari kejujuran dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jaga selalu martabat diri dan Pemda Kutim dalam melaksanakan tugas dan kehidupan sehari-hari,” tambahnya.(hu02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *