banner 1024x768

Bupati Ardiansyah Resmikan Sangatta International Fishing Tournament Bupati Cup

SANGATTA – Kejuaraan memancing bertajuk Sangatta Internasional Fishing Tournamen (SIFT) Bupati Cup Kutai Timur (Kutim) resmi dimulai. Lomba yang menjadi bagian dari rangkaian peringatan HUT Kabupaten ke 24 ini, resmi dibuka oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman di Halaman Helipad, Kawasan pemerintahan, Bukit Pelangi Sangatta, Selasa (17/10/2023) malam.

Diketahui, Kejuaraan bertaraf internasional yang akan memperebutkan hadiah uang tunai sebesar Rp 600 juta serta satu unit kendaraan roda empat sebagai hadiah jackpot ini, akan berlangsung selama empat hari. Mulai tanggal 17 hingga 20 Oktober 2023 dan diikuti sebanyak 865 orang yang terbagi menjadi 171 team.

Bupati Ardiansyah Sulaiman mengungkapkan bahwa kejuaraan ini telah menjadi agenda yang lama dinanti oleh pemerintah daerah sebagai wujud upaya memperkenalkan potensi laut Kutim yang kaya akan keanekaragaman biota laut, terutama ikan.

“Saya sengaja mengirimkan tim untuk mempelajari mekanisme dan tata cara penyelenggaraan event skala internasional di Manado beberapa waktu lalu. Kita telah mempersiapkan acara ini secara maksimal, semoga pelaksanaannya lancar tanpa kendala,” harapnya dalam acara yang dihadiri oleh unsur pimpinan Forkopimda serta undangan lainnya.

Selain itu, Bupati juga menyatakan optimisme bahwa kejuaraan yang diikuti oleh peserta dari Inggris, Malaysia, Singapura, dan Taiwan ini akan berlangsung sukses, memberikan kesan baik bagi para pemancing laut yang datang ke Kutim.

“Saya yakin panitia telah mempertimbangkan kondisi cuaca selama pertandingan berlangsung,” tambahnya.

Kejuaraan yang baru pertama kali digelar ini, sambung Ardiansyah Sulaiman, menjadi momentum untuk memperkenalkan Kutim secara keseluruhan. Yang diketahui memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA)yang sangat melimpah, termasuk potensi pariwisata yang tidak kalah dengan daerah lain, baik wisata alam maupun pesona keindahan laut yang memiliki keanekaragaman biota laut yang mampu memanjakan mata.

“Diakhir pertandingan nanti, saya ingin mengajak seluruh peserta mengunjungi peternakan madu kelulut yang ada di Sangatta Selatan, yang juga akan disambut oleh para UMKM. Nah harapannya mereka bisa berbelanja untuk oleh-oleh untuk keluarga dirumah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, para peserta memancing akan memulai pertandingan melalui Dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kenyamukan yang akan dilepas secara resmi oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman pada Rabu (18/10) pukul 04.30 WITA. (hu02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *