banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768

Dishub Kutim Lakukan Ramp Check untuk Pastikan Keselamatan Mudik Lebaran

Sangatta – Menyambut libur Lebaran Idul Fitri 1445 H, Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Timur (Kutim) intensif melakukan pengawasan keselamatan transportasi melalui kegiatan Ramp Check atau inspeksi keselamatan kendaraan umum. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memastikan perjalanan mudik Lebaran berlangsung aman dan lancar bagi para pemudik.

Dalam mengantisipasi peningkatan volume arus mudik dari H-3 hingga H-1 di Kutai Timur, Dishub Kutim telah proaktif dengan melakukan inspeksi keselamatan mulai dari Rabu, 3 April 2024, di terminal tipe B Sangatta. Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan keamanan selama periode libur Lebaran.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kutim, Abdul Muis menyampaikan kegiatan yang dilakukan dinasnya saat ini.

“Kegiatan ini kami lakukan sesuai surat edaran dari pusat. Sebagai upaya identifikasi dini potensi penyebab kecelakaan pada kendaraan umum,” ucap Abdul Muis, usai melakukan Ramp Check di terminal tipe B Sangatta, Rabu (3/4/2024).

Ramp Check yang dilaksanakan Dishub Kutim bertujuan untuk memastikan semua bus rute Sangatta-Samarinda dan Sangatta-Bontang dalam kondisi layak jalan. Ia juga menekankan pentingnya kondisi fisik kendaraan dan kesehatan para supir.

“Kami juga menyampaikan kepada para supir agar selalu dalam kondisi fit, sehat, dan tidak ugal-ugal. Karena keselamatan masyarakat itu juga bergantung supirnya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kutim, Murni Irawati, berharap dengan dilaksanakannya Ramp Check ini, masyarakat dapat melakukan mudik Lebaran dengan aman dan nyaman.

“Tadi kami sudah lakukan pengecekkan kendaraan, laik atau tidak dalam berkendara. Kemudian supirnya juga sudah kami beri masukan agar tetap dalam keselamatan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *