banner 1024x768 banner 1024x768

Diskop UMKM Kutim Siap Gelar Bazar Promosi 2024 dengan Konsep Baru

SANGATTA -Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) telah merencanakan penyelenggaraan bazar promosi pada program tahun 2024 yang akan datang. Dalam konseptualisasi ini, terjadi perubahan signifikan dibanding tahun 2023, dengan Diskop UMKM Kutim memilih enam titik lokasi yang berbeda, bertujuan untuk mengangkat potensi UMKM unggulan.

“Kami ingin memetakan sumber daya alam tanam tumbuh yang namanya bahan baku olahan UMKM, jadi kita akan memetakan produk unggulannya,” ungkap Kepala Diskop UMKM Kutim, Darsafani, Selasa (21/11/2023).

Pelaksanaan bazar akan mengusung konsep serupa dengan tahun sebelumnya, namun kali ini produk yang ditawarkan akan disesuaikan dengan keunggulan produk UMKM dari setiap lokasi. Inisiatif ini bertujuan untuk mengarahkan perhatian pengunjung pada pembelian produk unggulan UMKM yang berasal dari wilayah terkait.

Adapun keenam titik yang dipilih sebagai lokasi bazar promosi tahun depan mencakup Kecamatan Sangkulirang, Kecamatan Muara Wahau atau Kongbeng, Kecamatan Bengalon, Kecamayan Muara Bengkal, Kecamatan Long Mesangat, dan Kecamatan Rantau Pulung.

“Nanti akan kita petakan, misalnya di Kecamatan Sangkulirang maka produknya dari Karangan, Kaliorang, Kaubun dan Sandaran,” jelasnya.

Di sisi lain, Kecamatan Rantau Pulung dikenal dengan basis pertanian dan perkebunannya yang melimpah, sehingga kemungkinan besar produk yang dipasarkan akan berupa hasil pertanian dan kebun.

Sementara di Kecamatan Muara Bengkal, produk yang akan dipasarkan adalah hasil alam seperti durian, gula aren, dan bambu, yang juga akan menghadirkan produk unggulan dari Kecamatan Muara Ancalong dan Busang.

“Di Teluk Pandan, sebagai contoh, gula aren sudah memiliki popularitas yang tinggi dan kami akan melakukan pengembangan lebih lanjut terhadapnya,” imbuhnya. (hu02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *