banner 1024x768 banner 1024x768

Kaltim Bersiap Menyambut Ibu Kota Nusantara: Fokus pada Peningkatan SDM dan Infrastruktur

HARIANUTAMA.COM SANGATTA – Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, menekankan pentingnya persiapan seluruh elemen masyarakat dalam menyambut hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur. Ia menegaskan bahwa salah satu langkah krusial adalah menyiapkan sumber daya manusia yang akan menjadi generasi penerus pembangunan daerah, terutama di Kutai Timur.

Dalam kesempatan memimpin upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di halaman kantor Sekretariat Kabupaten pada Senin, 20 Mei 2024, Kasmidi Bulang menyampaikan pandangannya yang sejalan dengan pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika tentang digitalisasi dan bonus demografi sebagai aspek penting yang tidak bisa diabaikan.

“Kita harus mempersiapkan generasi muda sejak dini untuk mampu bersaing, terutama di daerah kita sendiri,” ujar Kasmidi Bulang. Ia menekankan bahwa dengan ditetapkannya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara, daerah ini akan menjadi tujuan utama banyak orang. Oleh karena itu, persiapan matang bagi masyarakat lokal yang ingin ikut serta dalam perubahan ini sangat diperlukan.

Menurut Kasmidi, menciptakan generasi muda yang unggul adalah salah satu prioritas utama. Ia menyoroti pentingnya dukungan beasiswa untuk meningkatkan kapasitas putra daerah sehingga mereka bisa kembali dan berkontribusi dalam pembangunan Kutai Timur. “Kita harus menciptakan orang-orang hebat dari putra daerah kita, dan kita bisa mendukung mereka melalui beasiswa agar mereka siap membangun daerah tercinta ini ketika pulang nanti,” tambahnya.

Selain peningkatan kualitas sumber daya manusia, Kasmidi juga menekankan pentingnya peningkatan sarana dan prasarana penunjang pembangunan daerah. Menurutnya, perkembangan teknologi informasi yang cepat menuntut kesiapan yang sama cepatnya dari sisi infrastruktur dan sumber daya manusia.

“Kita harus mengadopsi teknologi informasi dan menyiapkan orang-orang yang akan mengendalikannya. Kita tidak bisa terpaku pada apa yang ada saat ini, tetapi harus terus meningkatkan kapasitas untuk menjawab tuntutan zaman,” jelasnya.

Kasmidi Bulang, yang lahir pada tahun 1976, menegaskan bahwa peningkatan kualitas SDM dan infrastruktur adalah dua hal yang harus berjalan beriringan. Kedua aspek ini diharapkan dapat menjawab berbagai tantangan yang akan muncul seiring dengan pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur.

Dalam rangka menyambut Ibu Kota Nusantara, Kutai Timur bertekad untuk terus berbenah dan meningkatkan segala aspek yang dibutuhkan agar mampu bersaing dan berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan nasional. Dengan semangat gotong royong dan kerja keras, masyarakat Kutai Timur diharapkan dapat menyambut era baru dengan optimisme dan kesiapan yang maksimal. (*/A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *