banner 1024x768 banner 1024x768

Pembangunan Intake Air Di Mapulu Ditargetkan Rampung Juli Mendatang

TANJUNG REDEB, Harian Utama – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) bangun intake di Kampung Mapulu dengan kapasitas 2,5 liter per detik yang akan dirampungkan pada bulan Juli mendatang.

Ditemui usai kegiatannya, Kepala Bidang (Kabid) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (AMPLP) DPUPR Berau, Decty Toge Manduli mengatakan pembangunan intake di Kampung Mapulu akan diselesaikan pada bulan Juli mendatang.

Proyek ini sudah mencakup sambungan pipa yang mengalirkan air hingga ke rumah-rumah warga.

“Target bulan depan sudah tuntas, termasuk sambungan rumahnya. Untuk mendukung Mapulu naik tingkat menjadi berkembang, tugas kami membantu menyediakan air bersih untuk mereka,” jelasnya, Kamis (06/06/2024).

Kapasitas intake 2,5 liter per detik itu mampu menyediakan air bersih untuk seluruh rumah yang ada di Mapulu. Kini sudah ada 34 rumah yang baru saja diresmikan oleh Pemkab Berau.

Perkiraannya bisa mengaliri hingga 140 rumah, sehingga, untuk beberapa tahun ke depan tentunya intake tersebut masih cukup.

Sumber air yang digunakan berasal dari Sungai Lesan yang berada tepat di sebelah Kampung Mapulu. Adapun anggaran yang digunakan berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 sebesar Rp 1,6 miliar.

“Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu Juli ini, agar Mapulu tidak lagi menjadi kampung tertinggal,” pungkasnya.

Reporter : Mia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *