banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768

Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban di Kutai Timur Menjelang Idul Adha

Sangatta – Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Antonius Kurniawan Dewanto, mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Antonius menjelaskan bahwa pemeriksaan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memastikan bahwa hewan yang akan dijual sebagai kurban di Kutai Timur berada dalam keadaan sehat.

“Kami melakukan pemeriksaan antermotem, yaitu evaluasi visual dan fisik hewan, termasuk pemeriksaan tanda-tanda penyakit, kondisi kulit, mata, hidung, dan sistem pernafasan hewan,” ujar Antonius pada Rabu (12/6/2024).

Ia menjelaskan, pemeriksaan antermotem merupakan sebuah evaluasi visual dan fisik hewan, yang mencakup pemeriksaan tanda-tanda penyakit, kondisi kulit, mata, hidung, dan sistem pernafasan hewan. Kemudian, tempat hewan yang nantinya telah melalui pemeriksaan akan mendapatkan surat keterangan dari dinas dengan predikat telah lulus pemeriksaan kesehatan.

“Sapi yang kami periksa masih belum lengkap, karena masih ada sapi yang akan diimpor dari luar daerah,” ungkapnya.

Antonius menambahkan, saat ini Kutim masih mendatangkan sapi dari beberapa daerah yang berada di luar wilayah Kalimantan, seperti Sulawesi dan Nusa Tenggara Barat.

Untuk diketahui, pemeriksaan ini telah berlangsung sejak hari senin lalu, dengan menyasar 18 Kecamatan yang ada di Kutim.

Pemeriksaan ini merupakan bagian dari persiapan menjelang perayaan Idul Adha 1445 Hijriah, di mana DTPHP Kutim bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sapi dan kambing yang akan disembelih sebagai kurban memenuhi standar kesehatan yang ketat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *