banner 1024x768 banner 1024x768

Pemkab Berau Bakal Jembatani Persoalan Tenaga Kerja Lokal dengan Perusahaan

TANJUNG REDEB, Harian Utama – Bupati , Mas menanggapi keluhan dari sejumlah organisasi dan tenaga kerja lokal di Kabupaten Berau, terkait penyerapan tenaga kerja lokal oleh perusahaan. 

Atas hal itu, ia menyatakan komitmennya untuk menjadi jembatan antara perusahaan dan tenaga kerja lokal. Ia menegaskan bahwa pemerintah akan terus berupaya memberikan solusi yang sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Kami berusaha memfasilitasi persoalan antara tenaga kerja dan perusahaan. Tentu saja ini membutuhkan waktu dan harus sesuai dengan regulasi yang berlaku. Kami ingin memastikan bahwa masalah ini dapat terpecahkan dengan baik,” ucapnya, Jumat (31/05/2024).

Beberapa langkah telah diambil oleh Pemkab Berau untuk menjembatani kepentingan kedua belah pihak. Salah satunya adalah pembentukan forum dialog yang melibatkan perusahaan, pemerintah, dan perwakilan tenaga kerja. Forum ini bertujuan untuk mencari solusi bersama atas masalah yang dihadapi oleh tenaga kerja lokal.

Namun, Sri juga mengakui bahwa masih ada beberapa kasus yang belum terselesaikan, salah satunya karena keterbatasan atau ketidakhadiran Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) di Berau. 

“Kami sudah membuka wacana untuk mengadakan PHI di Berau jika memungkinkan dan sesuai regulasi dan tindakan ini diharapkan dapat mempermudah penyelesaian kasus-kasus yang ada,” tambahnya.

Lebih lanjut, langkah lainnya adalah dengan meningkatkan kualitas tenaga kerja lokal melalui program pelatihan dan pendidikan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja sehingga mereka dapat bersaing dan mendapatkan pekerjaan yang layak di perusahaan-perusahaan yang ada.

“Pemkab Berau juga mengupayakan program-program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Kami berharap tenaga kerja lokal dapat lebih berdaya saing dan mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik,” ungkapnya.

Dari upaya ini diharapkan hubungan antara perusahaan dan tenaga kerja lokal di Kabupaten Berau dapat terjalin lebih harmonis dan saling menguntungkan, sehingga berdampak positif bagi pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Berau.

Reporter : Mia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *