banner 1024x768 banner 1024x768

Pemkab Kukar Mulai Jalankan Program Beasiswa Kukar Idaman 2024

Kutai Kartanegara, Harian Utama – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartenegara (Kukar) memulai verifikasi data penerima Beasiswa Kukar Idaman tahap pertama, pada 2024. Diketahui sebanyak 5.000 orang pelajar di kabupaten sudah mendaftar untuk menerima bantuan beasiwa dari Pemkab Kukar, tersebut.

Dalam rencana pemerintah daerah, sebanyak 1.530 kuota beasiswa akan dialokasikan kepada penerima. Rinciannya, 800 kuota beasiwa stimulan untuk pelajar dengan jenjang pendidikan sarjana (S1) dan D4. Sementara 60 kuota akan diberikan kepada mahasiswa S2, termasuk 30 beasiswa untuk mahasiswa S3.

Selain itu sebanyak 300 kuota beasiswa stimulam diperuntukkan bagi pelajar SMA sederajat. Ditambah, 200 orang santri, termasuk 230 beasiswa untuk pelajar perguruan tinggi mitra pemerintah daerah.

Melalui keterangan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Dendy Irwan Fahriza, menjelaskan jika beasiswa Kukar Idaman terbagi dalam empat kategori. Masing-masing yaitu beasiswa kerja sama tematik, beasiswa stimulan jalur prestasi dan non akademik. Ditambah beasiswa prasejahtera, serta beasiswa santri pondok pesantren.

“Insyallah penetapan penerima beasiswa ini, di bulam Juni 2024 nanti,” kata Dendy, pada Selasa, 28 Mei 2024.

Selain itu pria tersebut menjelaskan, jika beasiswa tahap satu tahun ini memiliki berbagai tujuan, termasuk menutupi kekurangan capaian pendaftar beasiswa pada 2023 lalu dan memastikan pendidikan merata bagi pelajar dan mahasiswa asal Kukar. Program beasiswa tahap satu ini juga memberikan kesempatan bagi pelajar dan mahasiswa yang belum menerima beasiswa sebelumnya.

“Selain itu kita merencanakan pendaftar beasiswa tahap satu yang belum merima akan di akomodir pada pendaftaran beasiswa tahap dua selanjutnya,” akhiri Dendy. (*adv/diskominfokukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *