banner 1024x768 banner 1024x768

Pemkab Kukar Terima Penghargaan Pengelola Arsip Terbaik dari Pemprov Kaltim

Kutai Kartanegara, Harian Utama – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) kembali menerima penghargaan. Kali ini penghargaan tersebut diterima melalui Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai daerah kabupaten dengan pengumpulan arsip terbaik di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan kategori sangat baik.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono, secara langsung menerima penghargaan tersebut pada acara puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-53, di Hotel Mercure Samarinda, Rabu, 29 Mei 2024 kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Sunggono mengatakan, prestasi yang diraih perlu diapresiasi khususnya kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar yang mampu melaksanakan tugas arsip di lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD).

“Saya mengapresiasi atas semangat Diarpus untuk menggandeng OPD dalam pengarsipan sehingga memiliki perhatian dalam pengelolaan arsip,” kata Sunggono.

Sekkab Kukar itupun berharap, apa yang sudah dicapai menjadi motivasi bagi seluruh elemen di lingkungan Pemkab Kukar supaya lebih peduli pada pengelolaan arsip.  Seluruh OPD harus memahami dan memiliki kesadaran bahwa arsip merupakan aset penting yang perlu dijaga dengan baik. Mulai dari arsip masa lalu dan di masa yang akan datang.

Di masa mendatang, urusan pengarsipan akan menjadi tolak ukur kinerja instansi dan menjadi salah satu penilaian kinerja para kepala OPD. Terlebih, ada anggaran yang dialokasikan untuk pengelolaan tersebut.

“Pemerintah memberikan insentif dan anggaran khusus sebesar Rp 300 juta per OPD untuk penanganan arsip, dan itu belum dilakukan oleh daerah lain,” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *