Percasi Berau, penjaringan Atlit catur melaui turnamen “Bupati Cup I Open turnamen catur”

Turnamen Catur Berau

TANJUNG REDEB, HARIAN UTAMA – Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke 77, percasi menggelar acara turnamen catur yang diberi nama “ BUPATI CUP I “, turnamen yang bersifat terbuka dan bisa di ikuti untuk semua kalangan ini di selenggarakan pada, Sabtu (13/08/2022) bertempat di Balai mufakat jalan cendana.

Kegiatan yang diikuti oleh 172 Peserta ini terselenggara berkat kerjasama antara percasi berau , KONI dan Pemerintah daerah . kegiatan turnamen catur ini juga sponsori langsung oleh PT KDC, Berau Coal,Kadin Berau,PT HLL, dan Bengkel Taruna.

Ada pun kategori yang di tetapkan dalam skema turnamen ini terbagi menjadi 4 kategori peserta yakni, U- 15 ,U-18, veteran dan .

Dalam sambutannya, Robi maula, selaku ketua panitia pelaksana turnamen catur Bupati Cup I,mengatakan turnamen yang terselenggara pada hari ini adalah bagian dari puncak untuk para pencinta catur di kabupaten berau, Harapannya selain dapat menyaring dan memunculkan atlit catur yang berbakat terutama peserta yang usianya muda, begitu juga sebagai tempat mengasah kemampuan atlit catur berau yang telah di persiapkan untuk bertanding di popda atau Porprov nantinya.

“bakat-bakat muda ini lah yang akan bertanding mewakili berau nantinya “Ucapnya. Dilanjutkan, robi maula, adapun pelaksanaan turnamen ini dibagi menjadi 4 kategori,yakni usia maksimal 15 tahun terdiri dai 38 organg peserta,umur maksimal 18 tahun terdiri dari 32 orang peserta,kategori umum terdiri dari 90 orang pendaftar dan yang terakhir kategori veteran usia minimal 59 tahun yang terdiri dari 12 orang peserta.

Jadi total untuk seluruh peserta yang mengikuti turnamen hari ini sebanyak 172 orang peserta untuk seluruh kategori. Apresiasi juga di diberikan kepada seluruh peserta karena telah bersedia mengikuti peraturan yang telah di tentukan pihak panitia dengan baik. “terimakasih juga untuk seluruh panitia penyelenggara yang telah memberikan waktunya atas terselenggaranya kegiatan ini,”ungkapnya.

Terpisah, adapun selaku ketua persatuan catur seluruh Indonesia (percasi ) berau, Fitrial noor mengatakan dalam sambutan nya,pada hari ini pihak penyelenggara mendatangkan wasit yang sudah bersertifikat yaitu bapak Noramin dari samarinda. “ini untuk meningkatkan kualitas pertandingan agar hasil pertandingan juga bisa berkualitas,”tuturnya.

Hari ini juga kita banggakan,di depan kita saat ini ada banyak sekali pecatur-pecatur muda berau yang muda-mudahan juga nantinya akan lahir atlit-atlit pecatur yang bukan hanya sekala kabupaten Berau,tetapi juga menjadi atlit kebanggaan berau di event provinsi, event nasional dan bahkan di event internasional.

Dan tentunya akan terus dilakukan pembinaan dimana akan ada hasil seleksi pertama pelajar popda yang rencana tahun lalu kita laksanakan, “Pada hari ini juga 8 terbaik dari kategori U-15 dan U-18 akan masuk rencana seleksi untuk popda kaltim tahun 2022 di kabupaten Paser nanti” ucapnya.

Untuk kategori umum nya juga akan di lakukan seleksi untur persiapan atlit berau di Porprov kaltim yang akan dilaksanakan di kabupaten Berau pada bulan November tahun 2022. Fitrialnoor juga berpesan kepada seluruh peserta untuk terus menjunjung tinggi fair play dan sportivitas dalam mengikuti kegiatan turnamen hari ini,demi kelancaran kegiatan turnamen yang di gelar pada hari ini. Kegiatan pun berlanjut dan turnamen Bupati Cup I ,open turnamen catur resmi dibuka langsung oleh wasit Nooramin. (PiN)

video kegiatan lomba catur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *