banner 1024x768

Peresmian TPI Diharapkan Dapat Meningkatkan Ekonomi Dan Potensi Perikanan

TANJUNG BATU, Harian Utama – , Sri Juniarsih Mas meresmikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Batu di Jalan Gulalong Lestari RT 12 Kampung Tanjung Batu, pada Sabtu (24/02/2024).

Peresmian TPI ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng bersama dengan Wakil Bupati .

Bupati Berau mengatakan TPI yang telah diresmikan ini memiliki luas lahan mencapai 1,2 hektare dan merupakan properti milik Pemerintah Kabupaten Berau yang cakupannya melibatkan Kecamatan Pulau Derawan dan Maratua. 

“Bangunan ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas modern seperti bangunan cold storage berstandar ekspor, kios basah, kantor pengelola, rumah pegawai, musala, gapura, dan penambahan dermaga kayu turut dibangun untuk mendukung operasional TPI”, ucapnya.

Ia juga menyampaikan harapannya agar fasilitas yang baru diresmikan ini dapat dioptimalkan dan dirawat dengan baik. Tujuannya bukan hanya sebagai Tempat Pelelangan Ikan, tetapi juga diharapkan menjadi sumber pendapatan asli daerah melalui retribusi. 

“Saya sangat berharap TPI ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan perekonomian daerah. Retribusi dari kegiatan pelelangan ikan diharapkan dapat menjadi salah satu pilar keuangan yang berkelanjutan bagi Pemerintah Kabupaten Berau”, katanya.

Lebih lanjut, dalam upaya mewujudkan potensi perikanan yang maksimal, Sri Juniarsih mengajak semua pihak untuk terus berupaya dan bekerja sama. Melalui peningkatan aktivitas perikanan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal. 

“Saya berharap melalui langkah-langkah proaktif, seperti peningkatan produksi dan pemasaran ikan, masyarakat lokal dapat merasakan manfaat ekonomi yang nyata. Dalam konteks ini, keberlanjutan dan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya perikanan menjadi fokus utama”, harapnya.

Meski demikian, Bupati juga memberikan peringatan akan kondisi cuaca yang sedang kurang bersahabat belakangan ini. Himbauan untuk tetap berhati-hati menjadi pesan penting, mengingat faktor cuaca dapat mempengaruhi keselamatan dalam menjalankan kegiatan perikanan.

(Mia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *