banner 1024x768

Proses Pengembalian Logistik Pemilu 2024 di Kutai Timur KPU Kutim Ungkap Kelancaran dan Kendala

Sangatta – Setelah suksesnya proses perhitungan suara Pemilihan (Pemilu) 2024, fokus kini beralih ke tahap berikutnya, yaitu pengembalian kotak suara dan hasil perhitungan suara ke gudang yang telah ditetapkan sebelumnya. Komisioner Divisi Teknis KPU Kutim, Muhammad Indra, menyatakan bahwa tidak ada kendala terkait logistik, dan seluruh proses pengembalian telah berlangsung dengan baik.

“Kendala terkait logistik itu tidak ada, dan kemarin itu Sangatta Utara yang paling terakhir untuk mengembalikan logistik karena disana TPS-nya banyak ada 341 TPS, ini semua sudah proses pengembalian,” ungkap Muhammad Indra pada Kamis (29/2).

Proses pengembalian kotak suara ini menandai akhir dari tahapan pemungutan dan perhitungan suara di tingkat TPS. Hasil resmi Pemilu akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum setelah melalui proses verifikasi dan validasi data.

“Secara prinsip untuk pengembalian kotak dan lain-lainnya dari kecamatan ke Kutim, 18 kecamatan itu semuanya berjalan lancar, bahkan untuk kecamatan terjauh telah mengembalikan lebih cepat,” tambahnya.

Meski demikian, Muhammad Indra juga menyoroti kondisi jalan di daerah-daerah terpencil. “Ini patut disyukuri pada saat mereka mengembalikan logistik kondisi jalan itu kering, kalau kendala kita ini di Kutim daerah-daerah jauh itu, kalau hujan perlu penanganan ekstra, seperti Kecamatan Long Mesangat, Busang, kemudian karangan, sandaran itu pada saat kami menurunkan dan mengembalikan kondisinya jalan kering jadi aman,” jelasnya.

Sementara itu, untuk rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kabupaten, sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU 5) tahun 2024, berlangsung hingga 5 Maret 2024 mendatang. “Dikecamatan kan telah selesai, kita sisa menunggu jadwal di kabupaten itu sesuai peraturan hingga tanggal 5 nanti,” tutup Muhammad Indra. (A/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *