banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768banner 1024x768

PT Berau Coal dan Polres Berau Satuan Polairud gelar Pelatihan keselamatan dasar, penanganan darurat dan observasi bawah air

PT Berau Coal

TANJUNG REDEB, HARIAN UTAMA – yang berkerja sama dengan Satuan Polairud menggelar kegiatan Pelatihan keselamatan dasar penanganan darurat dan observasi bawah air, di gedung widargo Mapolres pada Sabtu (07/01/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut di ikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari gabungan pernonil polairud dan polsek polres berau.dengan didukung instruktur profesional dari tim Emergency Respons Group (ERG) PT Berau Coal kegiatan tersebut mengusung tema Baca kondisi,Ambil tindakan dan selamatkan. Selama tiga hari para peserta akan menerima materi selama dua hari dan satu hari nya akan langsung praktik di kolam renang kakaban Aquatic tanjung redeb.

Aipda Romy Kalces, yang merupakan salah satu peserta dalam pelatihan tersebut mengatakan,banyak sekali manfaat dan ilmu yang dirinya dapatkan selama tiga hari mengikuti pelatihan tersebut, apa lagi di pelatihan tersebut juga di dukung oleh instruktur berpengalaman dari PT Berau Coal.

Di terangkan nya, sebagai salah satu personil yang memang langsung berhubungan dengan penanganan di bawah laut, pelatihan tersebut dinilainya sangat bermanfaat dalam penanganan korban yang berada di dasar laut tepatnya.

“Mewakili teman-teman yang lain saya mengucapkan terimakasih kepada PT Berau Coal atas dukungan yang diberikan , ilmu serta pengalaman yang diberikan oleh instruktur yang berpengalaman ini tidak akan saya lupakan dan akan saya terapkan,”ucapnya (09/01/2023).

Di tempat yang sama,Andi Basri yang merupakan instruktur pelatih dari ERG Berau Coal juga mengatakan,praktik serta materi yang sudah diberikan kepada peserta pelatihan yakni berupa terkait pertolongan pertama di area permukaan air dan perkenalan sebagai pembekalan lisensi underwater rescue.

“Alhamdulillah, kegiatan pelatihan yang di ikuti oleh rekan-rekan personil dari polsek,polres serta polairud ini berjalan dengan lancar dan antusias mereka juga wajib di acungi jempol,”ujarnya.

“Apalagi di hari terakhir ini, dimana mereka berhasil mengaplikasikan ilmu-ilmu yang mereka peroleh di dua hari sebelum nya.”Sambungnya

Di jelaskanya, materi praktik yang di dapatkan para peserta di hari terakhir tersebut adalah terkait pertolongan pertama yang akan dilakukan ketika mendapati korban yang mengalami cedera di area permukaan air dan Scuba.

Semangat serta antusias peserta juga saat mengikuti kegiatan tersebut sangat terlihat jelas apalagi saat memasuki pembelajaran tentang Diving, dengan sangat baik para peserta menyelesaikan praktik tahapan tersebut.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat terus berlanjut agar sinergitas dapat terus berjalan bersama tim Polairud Polres Berau,”imbuhnya.

Sementara itu, Kasat Polairud Berau AKP Herman, mengungkapkan bahwasanya dirinya sangat mengapresiasi hasil atas terlaksananya kegiatan yang dilaksanakan berkat kerja sama dengan PT Berau Coal tersebut.

“Melihat dari sisi buruk nya berau ini sendiri bayak daerah yang masih memiliki tingkat potensi besar untuk terdampak rawan bencana, tentu semua itu membutuhkan keahlian dan kemampuan untuk melakukan penyelamatan jiwa manusia,” jelas Herman.

Dirinya berharap, untuk para perserta yang mengikuti pelatihan tersebut dapat menerapkan ilmu yang mereka dapat kan dengan baik dan bisa membagi ilmunya kepada teman-teman mereka yang belum bisa ikut serta dalam pelatihan tersebut.

“Karena ilmu yang di dapatkan pada pelatihan kali ini tidak akan bisa di dapatkan dimanapun selain mengikuti kegiatan ini,”Pungkasnya (PiN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *