banner 1024x768

Sambut Hari Raya Idul Fitri, Dishub Kutim Akan Ramp Chek Angkutan Umum

SANGATTA – Guna memberikan rasa aman nyaman dan keselamatan bagi bagi masyarakat, Dinas Perhubungan Kabupaten (Dishub ) sudah menyiapkan sejumlah hal untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan yakni Inspeksi Keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan atau Ramp Chek terhadap setiap kendaraan (Angkutan Umum) yang digunakan dalam kondisi laik jalan.

Ditemui diruang kerjanya, Kepala Dishub Kutim, Joko Suripto kepada awak media mengatakan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan personel yang akan diterjunkan maupun peralatan uji yang akan digunakan saat pelaksanaan Ramp Chek. Termasuk berkoordinasi dengan pihak Satlantas Polres Kutim.

“Agenda ini (Ramp Chek) kan menjadi kegiatan rutin yang terus kita laksanakan, kita akan mulai H-7, untuk lokasi sendiri nanti di Terminal Sangatta di kilo 3, ” ucap Joko sapaan akrabnya.

Selain angkutan bus, pihaknya juga akan melakukan hal serupa bagi kendaraan angkutan penumpang jenis minibus (travel) yang diketahui banyak beroperasi di wilayah Kutim.

“Untuk mereka (Travel) nanti kita akan kumpulkan dalam satu titik untuk dilakukan pengecekan, ” Imbuhnya.

Adapun bagian yang menjadi konsentrasi personelnya saat Ramp chek berlangsung meliputi, sistem pengereman, penerangan,kondisi ban, kaca, serta alat tanggap darurat.

“Sedangkan untuk administratif, masa berlaku buku uji (keur), STNK, nomor rangka kendaraan serta ijin operasi, ” bebernya.

Masih kata Joko, pengecekan tidak hanya berlaku bagi kendaraan angkutan saja, pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk memastikan para pengemudi saat berkendara dalam kondisi fit, baik fisik maupun mental. (G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *